Keindahan Wisata Pemandian Batu Nongol

Bicara soal keindahan tempat wisata di Sumatera Utara, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memang tak akan pernah ada habisnya. Seperti pesona Batu Nongol atau yang kerap kali disebut warga sekitar dengan singkatan BTN. Destinasi ini adalah tempat pemandian sungai yang banyak dikunjungi wisatawan, walaupun letaknya jauh dari pemukiman warga sekitar yang tak kala indahnya dengan tempat wisata yang ada di Serdang Bedagai lainnya.

Batu Nongol merupakan sebuah wisata alam yang terletak di Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, berbatasan dengan Kecamatan Dolok Merawan. Tidak hanya sungai yang mengalir jernih, panorama keindahan alam khas pegunungan juga dapat dirasakan saat berada di objek wisata ini, karena suasana alam yang masih alami penuh dengan pepohonan nan hijau yang dapat menyejukan mata.

Selama dalam perjalanan pengunjung baik wisatawan daerah maupun luar daerah akan di suguhkan dengan pemandangan pemukiman warga, terkadang kita juga melihat hewan ternak warga yang berada di pinggir jalan di sepanjang perjalanan menuju pemandian Batu Nongol seperti sapi, domba yang akan menambah keindahan saat dalam perjalanan. Akses jalan baik sarana dan prasarana menuju wisata BTN sudah sangat bagus, mulus, dan beraspal.

Saat berada di wisata Batu Nongol para pengunjung juga dapat menikmati berbagai permainan seperti tubbing, yang biasa dilakukan di sungai yang mengalir. Tubbing adalah sejenis olahraga yang di mainkan dengan alat bantu seperti ban. Tubbing dengan arung jeram tentu berbeda, walaupun sama-sama olahraga yang menggunakan arus atau aliran sungai, tetapi tubbing dimainkan hanya 1 (satu) orang saja sementara arung jeram dimainkan beregu atau team.

Arus sungai di wisata pemandian Batu Nongol tidak begitu deras, karena area sungai di kawasan ini cukup luas sehingga membuat air sungai menjuru ke segala arah, sehingga sangat aman saat berlibur bersama keluarga. Biaya masuk untuk perorangan pengunjung, informasinya yang mimin peroleh akan dikenakan dengan biaya Rp. 10.000, tentu sangat terjangkau dan tidak menguras kantong. Kuliner yang di suguhkan di sepanjang sisi pemandian juga bisa kita nikmati bersama keluarga. Pemandian Batu Nongol buka setiap hari pada jam 08.00 wib dan tutup jam 19.00 wib.

Dilansir dari medan.tribunnews.com, Jarak yang di tempuh untuk sampai ke pemandian wisata Batu Nongol dari pusat Kota Tebing Tinggi adalah 15 km. Sedangkan dari pusat Kota Medan akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak lebih kurang 94 km. Apa lagi saat ini sudah tersedia prasarana seperti jalan tol yang sangat memudahkan wisatwan yang akan berkunjung ke wisata ini, dengan adanya jalan tol ini tentu akan menghemat waktu sehingga jarak tempuh pengunjung akan cepat sampai ke wisata pemandian Batu Nongol.

Beberapa tahun silam wisata pemandian Batu Nongol ini sempat sepi pengunjung dan tidak ada aktivitas yang berwisata ke Batu Nongol. Semua ini di sebabkan karena akses jalan menuju wisata ini rusak dan tak layak untuk di lalui di tambah lagi tempat yang kumuh yang jauh dari kata bersih, sehingga banyak wisatawan yang enggan ke tempat ini. Seiring berjalannya waktu dan proses pembangunan infrastruktur jalan yang semakin berkembang membuat wisata ini semakin digeluti pengunjung dan kembali ramai seperti sedia kala.

Nah, teruntuk kita warga Kabupaten Serdang Bedagai, mari kita majukan daerah kita, yaitu wisata pemandian Batu Nongol, wisata alam yang masih asri nan indah….(berbagai sumber / ISL).

 

 

3.306 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *