Percepatan Program Cetak Sawah, Pemkab-BPN-PT. DMK Bahas Pemisahan Eks. HGU

Sei Rampah,

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam melaksanakan program cetak sawah kembali terlihat dalam rapat yang dilaksanakan dengan agenda Tindak Lanjut Kegiatan Reforma Agraria tahun 2022 Terkait dengan Pemisahan/Penyerahan Lahan Eks. Hak Guna Usaha PT. Deli Mirna Tirta Karya (DMK), yang dilaksanakan di Aula BKD, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (19/1/2022).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Ekbangsos Drs. Nasrul Azis Siregar menyebut kegiatan pada hari ini merupakan lanjutan dari agenda rapat sebelumnya terkait pengkajian 4 kawasan hutan di dua kecamatan di Sergai yaitu di Tanjung Beringin dan Teluk Mengkudu, yang diproyeksikan untuk menjadi lahan cetak sawah. Keempat lokasinya yaitu daerah Bagan Kuala, Nagur, Pematang Kuala, dan PT. DMK.

“Khusus pada hari ini yang jadi fokus kita adalah pelepasan kawasan hutan di areal PT. DMK. Untuk percepatan proses ini, kita harus mempunyai target dan tahap-tahap jelas untuk tiap bagian. Yang lebih dulu harus kita fokuskan adalah Surat Keputusan (SK),” ucap Asisten Ekbangsos.

Setelah pengerjaan SK telah diselesaikan, lalu akan dibuat rincian kegiatan. Jika semua prosedur sudah diselesaikan, ucapnya, lalu masuklah ke dalam tahap eksekusi atau action di lapangan.

“Untuk kedepan kita akan mengadakan rapat lanjutan ketika semua prosedur yang diperlukan telah selesai disiapkan. Tentunya program pelepasan kawasan hutan ini akan dialihfungsikan nantinya untuk mencetak sawah baru,” ucap Nasrul lagi.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika masing-masing wilayah yang diproyeksikan untuk program cetak sawah ada di dua Kecamatan yaitu di Tanjung Beringin dan Teluk Mengkudu dengan rincian lokasi dan luasnya adalah di Pematang Kuala seluas 800 Ha, Nagur 200 Ha, Bagan Kuala 94 Ha dan PT. DMK seluas 249 Ha.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPN Sergai Joko Sutari, S.H, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ir. Prihatinah, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik Henry Suharto, SH, MAP, para Kepala OPD, perwakilan PT. DMK, dan perwakilan OPD terkait. (MC Sergai)

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan

Admin : Julia

 

 

 

397 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *