TP-PKK Sergai-Provsu Tanggap Kebutuhan Perempuan di Tengah Bencana

Sei Rampah,
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, hadir dalam kegiatan penyediaan kebutuhan spesifik bagi perempuan dalam situasi darurat dan kondisi khusus Provinsi Sumatera Utara (Provsu), yang dilaksanakan di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (19/1/2022).
Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sergai  menyampaikan bencana banjir menjadi salah satu sumber penyebar penyakit di tengah masyarakat. Dia menyebut, tahun lalu Sergai mesti menghadapi tantangan bencana banjir di bulan November dan Desember. Untuk itu, Ketua TP-PKK Sergai menyebut, sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari kerja sama dan saling membantu dengan orang lain.
“Manusia itu pada dasarnya tidak bisa hidup soliter, pasti memerlukan bantuan dan pertolongan orang lain. Khususnya dalam hal ini kepada saudara-saudara kita yang pada tahun lalu dilanda musibah banjir di beberapa kecamatan,” katanya.
Ucapan terima kasih disampaikan oleh Rosmaida kepada Pemerintah Provsu yang pada hari ini kembali memberikan bantuan kepada masyarakat Sergai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Bantuan kali ini, sebutnya, khusus diberikan kepada warga Desa Bagan Kuala, terkhusus kepada perempuan dan anak yang jadi korban dampak banjir.
“Kami atas nama Pemkab Sergai, sekali lagi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Provsu yang telah peduli dengan memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Sergai khususnya warga Desa Bagan Kuala ini. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat serta meringankan beban masyarakat Desa Bagan Kuala yang terdampak banjir,” ucap Ketua TP-PKK.
Sementara itu di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi menyebut bantuan ini diharapkan dapat menjadi penyejuk bagi masyarakat warga Sergai, terkhusus kelompok perempuan, di tengah bencana alam dan pandemi Covid-19.
“Bahwa dalam situasi bencana, perempuan dan anak merupakan kelompok berisiko yang perlu mendapat perhatian khusus, sehingga diperlukan upaya pencegahan dan penanganan secara komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ucapnya.
Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Porvsu juga menyinggung jika saat ini kasus Covid-19 di Sergai sudah semakin minimal. Ia mengatakan, seluruh pihak wajib bersyukur atas hasil percepatan penanganan pandemi Sumut.
Akan tetapi kondisi yang berangsur baik ini, kata Nawal, tidak boleh menjadikan masyarakat menjadi lalai karena saat ini sudah muncul varian Covid-19 Omicron.
“Maka dari itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Dalam beraktivitas, diwajibkan tetap memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan sebagainya. Dalam waktu dekat ini, masyarakat juga akan menerima vaksin tahap III (booster) terutama yang lansia,” ucapnya.
Hadir dalam kegiatan ini Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Kepala OPD Provsu dan Sergai serta  masyarakat Desa Bagan Kuala, Tanjung Beringin. (MC Sergai)

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

 Admin : Julia

351 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *