Keindahan Pantai Sialang Buah Terlihat Dari Sisi Jembatan

Pantai Sialang Buah merupakan sebuah pantai yang terletak di DEsa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju pantai tertua di Serdang Bedagai ini, mimin informasikan ya rutenya yang cukup mudah, sebab akses menuju lokasi ini ifrastruktur jalannya mulus dan mudah di jangkau oleh wisatawan.

            Apalagi harga tiket masuk terbilang murah dan biaya parkiran juga murah dan aman. Kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dari atas jembatan. Melihat suasana dan aktivitas para nelayan dengan sampan yang sedang menepi di pinggiran pantai, bahkan pemandangan lebih luas terlihat oleh mata kita yaitu hamparan pantai yang indah. Pantai Sialang Buah ini memiliki pasar wisata atau tempat pelelangan ikan. Sehingga kita bisa membeli ikan yang masih segar dengan harga yang terjangkau.

            Dahulu sebelum jembatan Sialang Buah ini mengalami kerusakan, banyak pengunjung yang berwisata di Pantai Sialang Buah. Wisata pantai Sialang Buah ini merupakan salah satu pantai primadona, serta para wisatawan juga bisa berkunjung menghabiskan waktu liburan bersama keluarganya. Karena sudah termakan usia, besi jembatan pun sebagian besar berkarat dan mulai rapuh sebagian papan-papannya. Dengan kondisi jembatan yang kurang memadai dan dapat membahayakan para pengunjung, serta membuat penikmat keindahan alam bahari tidak nyaman, sehingga banyak para wisatawan yang mulai enggan dan kembali lagi untuk berkunjung ke pantai Sialang Buah.

            Tentu ini berdampak pada warga yang tinggal di sekitaran Sialang Buah, karena menurunnya omset pendapatan mereka yang rata-rata para nelayan, dan dengan mendagangkan barang dagangannya kepada pengunjung. Dengan kondisi jembatan yang rusak, mengakibatkan Pantai Sialang Buah harus ditutup sementara, selama masa perbaikan kurang lebih 1 tahun belakangan ini.

            Dimasa kepemimpinan Bapak Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Bapak Adlin Tambunan banyak pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan, salah satunya adalah jembatan Sialang Buah yang ada di Kecamatan Teluk Mengkudu. Jembatan Sialang Buah saat dilakukan renovasi pada tahun 2021, dan kini telah rampung selesai dan bisa langsung di nikmati para pengunjung. Banyak wisatawan yang memadati wisata pantai ini dan juga berfoto dari sisi jembatannya. Ditambah lagi akses jalan menuju wisata pantai sialang buah kini sudah terlihat bagus dan mulus.

            Tampak terlihat saat mimin berwisata di pantai ini yang berlangsung saat tahun baru 2022 lalu. Pantai Sialang Buah ini terlihat ramai oleh wisatawan, tempat parkiran yang telah dipadati pengunjung. Banyak yang berfoto-foto. Jembatan menjadi icon dalam menunjang perkembangan di tempat wisata ini.

            Semoga dengan adanya jembatan baru ini bisa mendongkrak laju perekonomian masyarakat yang berada di lingkungan Pantai Sialang Buah dan juga para nelayan. Kepada masyarakat yang melintasi, baik penduduk yang berdomisili di sekitar pantai sialang buah maupun para pengunjung untuk tetap menjaga dan merawat jembatan ini, karena ini merupakan fasilitas yang nantinya bisa kita pergunakan dan nikmati dalam jangka waktu yang panjang.

            Ayo kita bangkitkan kembali pesona pantai Sialang Buah yang sempat hilang akibat rusaknya jembatan menuju wisata pantai ini, dan kini menjadi suasana yang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Tentunya hal ini akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat yang berdomisili di sekitar pantai tersebut.

            Terimakasih kepada bapak Darma Wijaya dan Bapak Adlin Tmbunan yang telah melakukan pembangunan jembatan wisata Pantai Sialang Buah, dan tepat di tanggal 5 januari 2022 jembatan Sialang Buah telah diresmikan, semoga kedepannya semakin banyak peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan yang mampu mendorong laju perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai….(berbagai sumber /ISL)

6.071 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *