Peringati Hari Gizi Nasional, TP PKK Sergai Gelar Launching Gempur Stunting

Tanjung Beringin,

            Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang dirangkai dengan Launching Gempur Stuting di Posyandu Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa (25/1/2021).

            Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya dalam arahannya menyampaikan jika secara medis stunting merupakan kondisi ketika tubuh dan otak anak tidak mengalami perkembangan secara optimal. Keadaan ini disebabkan beberapa hal, diantaranya karena tubuh anak lebih pendek dan kemampuan berfikir yang cenderung lebih lemah dari anak seusianya. Oleh karenanya, stunting dapat dicegah sebelum anak memasuki usia 2 tahun.

            Begitupun dengan anak-anak yang ada di Kabupaten Sergai, lanjut Rosmaida, khususnya di Desa Bagan Kuala ini. Meski di wilayah pesisir, namun gizi anak-anak harus tetap diperhatikan. Oleh karena itu, Ketua TP PKK Sergai menekankan kepada para Kader PKK untuk berkolaborasi dengan Puskesmas setempat dalam memantau kesehatan anak-anak agar tidak terkena stunting.

            ” Pencegahan stunting ini dilakukan sejak anak masih berada dalam kandungan ibu. Oleh karenanya, selain memberikan asupan gizi yang baik, kami harap para ibu hamil juga turut memeriksakan atau berkonsultasi terkait kehamilannya, menjaga ASI ekslusif, serta memantau tumbuh kembang anak di Posyandu,” harap Rosmaida.

            Diakhir arahannya, Hj Rosmaida berharap para Kader PKK dan petugas kesehatan serta unsur terkait lainnya agar dalam kegiatan Gempur Stunting terus berkolaborasi meningkatkan kekompakkan dan kosistensinya dalam upaya pencegahan dan menurunkan stunting sehingga kita dapat mewujudkan masyarakat sehat seperti yang tertuang dalam 7 Sapta Dambaan (Sapda) sekaligus mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, pungkasnya.

            Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua TP PKK Ny Aini Zetara Adlin Tambunan turut memberikan vitamin untuk balita dan makanan tambahan anak-anak.

            Ia menyebut, sebagai duta stunting bersama dengan Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi anak-anak di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

            “ Guna menekan angka stunting, perlu dilakukan sinergitas maupun gotong royong dari semua sektor dan unsur terkait dengan mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencegah stunting di Kabupaten Sergai,” tutup Aini Zetara Adlin Tambunan.

            Hadir juga dalam kegiatan, Kadis Kesehatan Sergai Selamet Hartono, SKM, MKM, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, para Kader PKK, perangkat Desa Bagan Kuala serta masyarakat sekitar. (MC Sergai)

Teks/Editor :Rini Ry

Reporter/Narsum : TP PKK Sergai

Admin : Julia

25 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *