Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan, Bupati Sergai Sampaikan Beberapa Hal Penting

Sei Rampah,

              Memasuki Minggu kedua di bulan Februari 2022, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya, bertempat di Aula Sulan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (7/2/2022).

              Pelaksanaan rakor ini merupakan media koordinasi dengan penyampaian beberapa informasi yang terkait perkembangan pencapaian dan kendala-kendala dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, kata Bupati Sergai H Darma Wijaya mengawali sambutannya.

              “ Saat ini Kabupaten Sergai sedang aktif melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat terutama kepada anak usia 6 sampai 11 tahun. Hal ini agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” katanya di hadapan unsur Forkopimda, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Kabag dan Camat se-Sergai.

              Ia melanjutkan, mengingat semakin kompleksnya tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita selaku penyelenggara pemerintahan dituntut untuk lebih berinisiatif, mampu dan jeli dalam menghadapi dan memanfaatkan berbagai tantangan serta  peluang. Terkhusus bagi Camat yang merupakan perpanjangan tangan Bupati berada di barisan terdapan menjadi ujung tombak pemerintahan di kecamatan, agar dapat melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan sebagai bentuk karya nyata sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan prima para Camat sekaligus memelihara suasana kondusif, ketentraman dan ketertiban masyarakat, terangnya.

              “ Saya mengingatkan bahwa Camat harus memiliki beberapa tugas umum yang dilaksanakan terutama dalam hal meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan di wilayah kerjanya. Oleh karena itu, kepada Camat diharapkan dapat menyadarkan dan memotivasi masyarakat pentingnya peran serta mereka dalam proses pembangunan terutama dalam membangun Tanah Bertuah Negeri Beradat, Camat sebagai pimpinan di wilayahnya harus mampu melihat kedepan, karena saudara adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat untuk peka  dan memahami keluh kesah masyarakat,” harap Bupati.

              Dalam rapat tersebut, Bupati menyampaikan kepada Kepala OPD dan Camat terkait hal-hal yang perlu digaris bawahi, yaitu;  pertama, sebagai seorang top manajer dan manajer yang baik, bisa meminta untuk memberdayakan segenap unsur aparatur yang ada di bawah unit kerjanya, kedua, sebagai penanggung jawab administrasi saudara harus melaksanakan pembenahan internal dalam organisasi yang saudara pimpin.

              Selanjutnya, ketiga menjalankan program-program pada unit kerja dengan APBD yang terbatas harus memiliki inisiatif dan berupaya mencari sumber dana dengan bekerja sama ke berbagai pihak, keempat, menjadi motivator dan panutan yang baik dalam hal disiplin loyalitas dan kinerja, kelima, dapat membuat SOP dan SPM pada unit kerja yang saudara pimpin, keenam, membuat terobosan-terobosan dalam masyarakat yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, ketujuh, harus memiliki tanggung jawab yang lebih besar bukan hanya menangani/menaungi tetapi harus lebih bertanggung jawab yang harus dipertanggungjawabkan.

              Kemudian, kedelapan, aktif melakukan koordinasi dengan unit kerja pemerintah daerah dan swasta, kesembilan kepada Camat sebagai pimpinan di kecamatan, lakukan konsilidasi dan koordinasi dengan unsur Forkopimcam, aparat desa atau kelurahan dengan masyarakat dengan tetap berada dan bertempat tinggal di wilayah masing-masing kerja, terakhir, dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus, Bupati meminta kepada seluruh yang hadir untuk mendukung program Sapta Dambaan (Dambaan).

              “ Harapan kita bersama selaku jajaran pemerintahan dapat bersinergi dalam upaya peningkatan kinerja pemerintah sesuai bidang tugas dan kewenangannya masing-masing untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” pungkas Bupati Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Wildan

Admin : Julia

271 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *