Wabup Sergai Buka Kegiatan MTQ XVIII dan FSQ XIX Kecamatan Sei Rampah  

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Senin (7/2/2022) membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XVIII dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XIX Tahun 2022 di Lapangan Bola Kaki Desa Rambung Sialang Estate, Kecamatan Sei Rampah.

Usai membuka kegiatan, Wabup Sergai Adlin Tambunan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momen yang tepat dalam upaya menyatupadukan gerak dan langkah seluruh komponen masyarakat di bidang keagamaan khususnya dalam peningkatan kemampuan seni dalam membaca Al-Quran.

“ Melalui kegiatan ini, kita semua khususnya umat islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengalaman isi kandungan dalam Al-Quran dikehidupan sehari-hari dengan harapan mewujudkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat dapat lebih kita tingkatkan,” kata Wabup di hadapan hadirin antara lain; Kadis Sosial Arianto, Plt Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik, unsur Forkopimcam Sei Rampah,  tokoh agama, tokoh masyarakat Kecamatan Sei Rampah.

Ia menambahkan, jika kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi bagi generasi muda untuk belajar memahami Al-Quran, menerapkan nilai-nilai religius dalam tatanan kehidupan dan sebagai pedoman hidup sehari-hari. Selain itu, belajar memahami Al-Quran dengan segala bentuk bacaan yang digambarkan melalui cabang yang dipertandingkan. Harapannya adalah dapat melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi serta mencari bibit-bibit berkualitas sehingga akan menjadi perwakilan Kecamatan Sei Rampah pada kejuaraan tingkat Kabupaten Sergai, provinsi maupun tingkat nasional, katanya.

Diakhir sambutannya, Adlin berpesan kepada peserta yang ikut kegiatan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, agar dalam melaksanakan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. “ Jangan sampai kita lengah, karena akhir-akhir ini kita melihat isu-isu dibeberapa daerah virus asal Wuhan ini sempat menanjak lagi, pungkasnya.

Dalam kesempatan serupa, laporan panitia penyelenggara kegiatan yang disampaikan Irfan El Fuadi Lubis, mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 7-8 Februari 2022. Sedangkan tujuanya adalah  sebagai sarana syiar dinul islam dan mempererat ukhuwah islamiah maupun silahturahim sehingga terciptanya rasa persatuan, kesatuan dan kebersamaan yang pada akhirnya dapat terjalin kerukunan umat beragama untuk mewujudkan generasi muslim yang rohani yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Adapun cabang tilawah Qur’an yang dipertandingan yaitu golongan Tartil Quran anak-anak putra/putri. Golongan Tilawah Quran anak-anak putra/putri, golongan Tilawah Quran remaja, golongan Tilawah Quran dewasa. Selanjutnya cabang Fahmil Quran dan cabang Syahril Quran, pungkasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Vivi Purnama

286 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *