Kontes PPSB 2022 Ajang Promosi Potensi Sergai

Pemilihan Putra Putri Serdang Bedagai (PPSB) merupakan ajang bergengsi di Kabupaten Sergai. Tujuan dari kontes ini adalah untuk mencari Putra Putri Terbaik Sergai yang kelak akan membantu mempromosikan pariwisata, UMKM, kebudayan dan segala aspek demi memajukan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kontes ini bisa di ikuti oleh seluruh Putra Putri kelahiran Kabupaten Sergai yaitu pemuda berusia 16-25 tahun dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Untuk mengikuti ajang pemilihan ini, Supian Chan yang merupakan founder PPSB dan Panitia penyelenggara menuturkan bahwa terdapat hal-hal yang harus dipersiapkan seperti mengisi formulir dan membayar uang pendaftaran, memiliki tinggi badan untuk laki-laki 160 cm dan perempuan 150 cm, melampirkan foto terbaik close up dan full body. Kemudian melampirkan sertifikat telah di vaksin, melampirkan KTP/Kartu Pelajar, berpenampilan menarik dan mengetahui tentang pariwisata, kebudayaan, UMKM serta hal yang berkaitan dengan Kabupaten Sergai. .

“ Akhirnya, pada awal November 2021, melalui akun Instagram resmi @officialputrapitrisergai mengumumkan pendaftaran PPSB 2022 pun dibuka pada tanggal 1 November 2021 sampai dengan tanggal 20 Januari 2022,” terangnya.

Vichan demikian sapaan Supian Chan menjelaskan bahwa calon Finalis PPSB 2022 yang sudah mendaftar secara online nantinya akat mengikuti tes tertulis dan wawancara secara online juga, sebab jarak antara penyelenggara dan calon finalis berada di daerah yang cukup jauh serta kondisi pandemi sehingga wawancara dan ujian tertulis di lakukan secara Online dan di ikuti oleh calon peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sergai.

Setelah di lakukannya tes tertulis dan wawancara online, melalui akun resmi @officialputraputrisergai mengumumkan 15 pasang Finalis PPSB yang akan memasuki karantina. Kegiatan karantian dilakukan selama 3 hari di rumah dinas di Desa Tualang Kecamatan Perbaungan.

Pada tanggal 4-6 Februari 2022, Karantina dan pembekalan PPSB dilaksanakan. Tanggal 4 Februari 2022, 15 pasang finalis PPSB melakukan kegiatan pengecekan kesehatan yakni swab antigen sebelum finalis memasuki kamar, dan di lanjutkan dengan registrasi serta pembagian kama. Pada malam harinya di lakukan ceremony penyerahan selempang, nomor urut peserta dan malam penampilan bakat menjadi salah satu aspek yang masuk kedalam penilaian juri, disesi ini Finalis menunjukkan kemampuan dan bakatnya seperti bernyanyi, berpuisi, dance dan lainnya.

Sedangkan pada hari kedua, lanjut Vichan, ada pembekalan lagi. Seluruh Finalis PPSB 2022 menggunakan kostum formal yaitu celana berbahan warna hitam, kemeja, blazer. Pada hari kedua ini, Finalis kembali mengikuti sesi deep interview. “ Di sini para finalis mendapatkan pertanyaan seputar kepribadian dan tanggapan terkait pariwisata. Setelah itu di lanjutkan sesi beauty class dengan narasumber Mustika Ratu dan MUA HITZ Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang akrab disapa “ Mak Dana “ yang merupakan warga Sergai.

“ Di sesi ini para finalis mendapatkan bekal bagaimana cara yang tepat dalam bermakeup dan cara membersihkan wajah setelah bermakeup. Dan di karantina kedua ini juga seruh finalis mendapat kesempatan untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Sergai yakni Panta Cemara Kembar serta di malam harinya para finalis mendapat pembekalan kembali seputar catwalk dan publik speaking.

Masih seputar kegiatan PPSB 2022, pada tanggal 6 Februari 2022, merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu sekaligus hari yang paling mendebarkan. Berlokasi di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai, puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan PPSB di laksanakan.

“ Untuk acara puncak, suluruh finalis sudah mempersiapkan 3 kostum yang akan dipergunakan, yaitu busana formal untuk seluruh finalis, busana Melayu untuk top 8, dan menggunakan gaun malam jas untuk top 3,” terangnya.

Adapun pemenag dalam ajang PPSB yaitu; Jopi Aswi Hidayat dan Raudatul Khasanah akhirnya di nobatkan menjadi Putra Putri Utama Sergai 2022, dan menyisikan Agung Riandi dan Khalis Annisa Putri sebagai Runner-up 1 serta Krisna Jaya Negara dan Alya Elfa Chaniago Runner-up 1.

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara pemilihan PPSB 2022 yang sudah bekerjasama dan bekerja keras sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar.

“ Saya berharap nantinya bagi pemenang utama PPSB 2022 dapat menorehkan hasil yang sangat baik di ajang PPSB. Dan bagi para peserta yang belum berhasil, agar terus belajar dan jadikan apa yang di dapat hari ini, merupakan cerminan untuk kedepanya,” tutup Ny. Rosmaidah. (ISL).

433 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *