Aktif Jalin Sinergi, Wabup Sergai Terima Audiensi Sejumlah Organisasi

Sei Rampah,

Pentingnya jalinan sinergitas dengan kelompok eksternal diwujudkan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan aktif menerima audiensi dari berbagai pihak.

Seperti yang terlihat pada hari ini ketika Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menerima kunjungan 3 kelompok eksternal yaitu Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, dan Forum Persatuan Klinik Pelayanan Indonesia (FKPI), di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (9/2/2022).

Pada audiensi dengan BBPLK Medan, Wakil Bupati Sergai mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran pihak BBLK. Dirinya menyebut, ini merupakan jalinan kerja sama yang produktif apalagi sektor yang jadi perhatian terkait lingkungan hidup.

“Kami juga sudah membuka komunikasi dan kerja sama dengan pihak Lingkungan Hidup di pusat dan nantinya kerja sama tersebut akan difokuskan terlaksana di kawasan pariwisata,” ucap Adlin Tambunan.

Dia menyebut, Sergai punya berbagai destinasi wisata unggul, salah satunya arung jeram yang ada di Kecamatan Sipispis. Kerja sama dengan pihak Lingkungan Hidup, sebut Bupati, akan dijalin untuk mengembangkan pariwisata di kawasan rafting Sipispis sekaligus sebagai momentum untuk memperkenalkan objek wisata tersebut.

Pernyataan Bupati tersebut disambut baik oleh pihak BBPLK Medan yang diwakili oleh Andri Susila. Dia mengatakan jika kehadiran pihaknya hari ini memang bertujuan untuk menjajaki sinergitas antara lingkungan hidup dan pengembangan aspek pariwisata.

“Kami meyadari betul pentingnya potensi pariwisata untuk dikembangkan dan dimaksimalkan, apalagi Sergai punya berbagai potensi destinasi potensi wisata yang menarik. Semoga dengan kolaborasi antara BBLK dengan Pemkab Sergai, sektor pariwisata di sini bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Terima kunjungan Institut Agsma Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

Kemudian pada audiensi kedua, Wabup Adlin Tambunan menerima kunjungan dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung.


Wabup Adlin Tambunan menyampaikan bahwa Pemkab Sergai terbuka bagi siapa saya yang ingin bekerjasama ataupun berkolaborasi dalam hal memajukan dunia pendidikan agar Tanah Bertuah Negeri Beradatnya semakin maju pesat.

” Kami sangat concern dengan pendidikan,  karena selain tertuang dalam 7 Sapta Dambaan (Sapda) yaitu sekolah mantab, pendidikan juga memegang peranan penting bagi kemajuan daerah yang mampu membuat masyarakat berfikir maju dan modern,” katanya

Dalam hal ini, ujar Wabup lagi, Pemkab Sergai siap untuk melakukan memorandum of understanding (MoU) dalam bentuk kerjasama untuk mempersilahkan mahasiswa melakukan PKL di Sergai.

” Pemkab Sergai membuka / bersedia untuk melakukan MoU dalam bentuk kerjasama untuk mahasiswa PKL ataupun alumni untuk dapat magang di Sergai, dan nantinnya OPD juga dapat memberikan kuliah umum. Nanti kita juga berkolaborasi untuk melakukan kuliah umum dibidang pendidikan,” tutup Wabup.

DR. Yah K. Kadang, S.E, M.M selaku Kepala Biro IAKN Tarutung mengucapkan terimakasih atas sambutan yang hangat dari Pemkab Sergai. Pihaknya berharap adanya regulasi terkait keberlangsungan kerjasama yang akan dilakukan.


“Kami lihat Sergai memiliki salah satu point pada visi misinya yaitu sekolah mantab. Jadi nantinya kami ingin melakukan kerjasama di bidang pendidikan khususnya bidang pariwisata. Kita akan gali potensi yang dimiliki pariwisata Sergai,” terangnya.

FKPI Sergai Siap Bantu di Bidang Kesehatan

Selanjutnya masih di tempat yang sama, Wabup Adlin menerima Forum Persatuan Klinik Pelayanan Indonesia (FKPI) Kabupaten Sergai.

Ketua FKPI Sergai, drg. Zaniyar mengatakan FKPI di Sergai ini menawarkan pelayan yang mudah diakses dan dijangkau masyarakat.

” Kami menawarkan kerjasama dengan Pemkab Sergai melalui Dinas Kesehatan. Terkait hal-hal yang dibutuhkan oleh Pemkab Sergai kami siap melakukannya,” katanya.

Di kesempatan itu, dikarenakan forum ini masih baru di Sergai, maka kami berharap mendapat bantuan dalam memperoleh ijin dari Dinas PMP2TSP Sergai. Selain itu, Pemkab Sergai dapat menyosialisasikan kepada masyarakat tentang forum ini, harapnya.

Mantan Kadis Kesehatan Sergai ini menambahkan, pihaknya membuka ruang untuk melakukan kerjasama dengan BPJS dan juga Dinas Kesehatan Sergai. Kedepan kami juga akan melakukan kegiatan bakti sosial seperti sunatan massal ataupun kegiatan vaksinasi yang sekarang ini sedang gencar dilakukakan oleh Pemkab Sergai, ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wabup Sergai menyambut baik maksud dan tujuan FKPI.  Ia menjelaskan, jika saat ini Sergai memang masih fokus terhadap penangan pandemi. Sedangkan untuk vaksinasi Pemkab Sergai butuh bantuan dan sinergitas dari berbagai pihak termasuk FKPI dalan hal pelaksanaan vaksin dan peningkatan ekonomi.


” Pemkab Sergai sangat mendukung kegiatan ataupun rencana yang telah dirancang oleh FKPI. Kedepan rencananya  kita akan berkolaborasi di bidang kesehatan dengan harapan ekonomi segera pulih usai pandemi,” kata Wabup.

Turut mendampingi Wabup, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, dr. Bulan Simanungkalit, Staf ahli perekonomian, Ir Hj Prihatinah, M.Si, Kadis Kesehatan Srlsmet Hartono, S.KM, M.KM, Kadis Pendidikan Suwanto, S.Pd, M.Pd, Kepala Bappeda Rusmiani Purba, MM dan Kabag Kerjasama, Torangto Situmorang. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE/ Wildan

Admin : Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *