Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Silaturahmi Tahun Baru Imlek 2573

Pantai Cermin,

Masih dalam suasana Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir dalam silaturahmi yang dilaksanakan di Vihara Tridharma Budha Kotapari, Pantai Cermin, Selasa (15/2/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati membuka sambutannya dengan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2573 kepada seluruh hadirin yang merayakan.

“ Saya turut berdoa semoga tahun macan air ini diberi kebahagiaan, kesejahteraan dan keberuntungan. Perayaan Tahun Baru Imlek bukan hanya milik masyarakat Tionghoa saja, namun sudah menjadi bagian dari pesta rakyat dan budaya bangsa Indonesia,” ungkap Bupati.

Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati, menyampaikan jika Kabupaten Sergai merupakan miniatur Indonesia karena di dalamnya hidup damai masyarakat dengan berbagai latar belakang identitas.

“ Meski Sergai kaya akan sejarah Melayu, tapi di sini multi etnis. Ada Jawa, Batak, Banjar, ada pula orang Tionghoa. Semuanya hidup rukun berdampingan. Tidak ada konflik horizontal karena masyarakatnya memahami betul makna kebhinnekaan,” cetus Bang Wiwiek.

Bupati bersyukur, meskipun masih dalam situasi pandemi, silaturahmi ini tetap bisa dilaksanakan dengan semangat dan suasana yang baik, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“ Di kesempatan ini saya juga titip pesan agar sama-sama kita mendukung program vaksinasi dalam upaya pengentasan pandemi. Selain itu, dalam setiap kesempatan jangan lupa disiplin menjalankan prokes, terutama penggunaan masker,” tutupnya.

Hadir mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Zumri Sulthony, S.Sos., M.Si, mengatakan jika acara ini merupakan momentum akan pentingnya pelestarian budaya bangsa pada umumnya dan budaya Tionghoa pada khususnya serta bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama yang ada di Indonesia.

Ia melanjutkan, Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, khususnya Sumatera Utara, yang memiliki beragam etnis. Zumri menerangkan, budaya Tionghoa merupakan salah satu budaya tertua di dunia yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun masih mampu bertahan hingga hari ini dan budaya Tionghoa sudah menyebar di berbagai penjuru dunia seiring dengan banyaknya orang Tiongkok perantauan yang memilih untuk berimigrasi

“ Budaya Tionghoa mencerminkan nilai-nilai luhur. Semoga nilai tersebut dapat menjadi dasar untuk semakin mempererat silaturahmi di antara kita. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya mengucapkan selamat merayakan Imlek 2573 tahun 2022,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Imlek 2573 tahun 2022 Julianto, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Sergai dalam acara ini. “ Semoga dengan kehadiran pemimpin Kabupaten Sergai, dapat menambah hikmat dan semangat dalam perayaan Imlek 2573 tahun ini,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua Yayasan Tridharma A.K Samirin, Ketua Walubi Sumut Brilian Mochtar, Ketua Matakin Sumut, tokoh masyarakat Budi Sumalim, dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps/Tim Media Komunikasi Pimpinan

Admin : Julia

337 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *