Susun Publikasi SBDA 2022, Pemkab – BPS Sergai Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral

Sei rampah,

Dalam rangka evaluasi, sinkronisasi data sektoral agar lebih akurat dan berkualitas, Pemerntah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Focus Group Discussion (FDG) Pembinaan Statistik Sektoral Peningkatan Kualitas Data dan Penyusunan Publikasi Serdang Bedagai Dalam Angka (SBDA) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (16/2/2022).

“ Forum ini bertujuan untuk menjamin kesinambungan dan ketersediaan data yang bersumber dari setiap sektor serta menjaga dan meningkatkan kualitas data yang dihasilkan oleh setiap sektor. Hal ini tentunya guna mendukung peningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah,” kata Bupati Sergai H Darma Wijaya saat membuka FGD yang dihadiri Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, Asisten Admum Ir H Kaharuddin, MM, para Kepala OPD dan undangan lainnya.

Bupati menyebut, selain sebagai evaluasi dan sinkronisasi juga sebagai konfirmasi data sektoral dan data perusahaan lainnya agar lebih akurat dan berkualitas dalam penyusunan publikasi SBDA tahun 2022.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, jika dalam pengerjaan penyusunan publikasi SBDA tersebut, diperlukan peran aktif pemerintah daerah karena data yang disajikan sebesar lebih kurang 80% yang bersumber dari OPD, BUMDN/BUMD. Sedangkan perusahaan ataupun instansi lainnya hanya 20% saja yang bersumber dari data BPS, katanya.

Melalui FGD ini, Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati, mengharapkan agar seluruh OPD/instansi dan lainnya sebagai produsen data dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas data sektoral yang dihasilkan. “ Karena soal data ini tentu menjadi tanggung jawab kita semua, baik pemerintah daerah maupun instansi lainnya yang terkait sehingga data tersebut harus sinkron dalam penyusunannya,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Sergai, Herman, SE, M.Si mengemukakan bahwa pelaksanaan penyusunan publikasi adalah sebagai bukti koordinasi yang kuat, ketepatan dan kepatuhan dalam Advance Release Calander (ARC), dimana janji percepatan penyusunan publikasi Kabupaten Sergai akan diterbitkan pada tanggal 24 Februari 2022 mendatang. Oleh karena itu, BPS akan melakukan inovasi dan pembaruan dalam waktu percepatan jadwal rilis.

“ Mudah-mudahan kita bisa menyajikan data yang baik dan berkualitas guna menjadikan Indonesia berkualitas dan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” tutup Kepala BPS. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Wildan

Admin : Vivi

707 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *