Program “Grebek Dahsyat” Kabupaten Sergai Raih Peringkat Kedua di Ajang PPD 2022

Sei Rampah,

Pasca berakhirnya pelaksanaan penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut), Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berhasil meraih posisi kedua.

Hal tersebut dikemukakan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, kepada awak media melalui telepon selular, Minggu (20/2/2022).

“Syukur alhamdullilah, untuk ajang PPD tahun ini, Kabupaten Sergai berhasil menempati urutan kedua setelah melewati 3 tahapan. Ini menjadi motivasi yang sangat penting bagi kita untuk terus memperbaiki diri kedepannya agar meraih prestasi yang lebih baik lagi,” ucap Sekdakab.

Faisal Hasrimy mengatakan, pada ajang PPD tahun ini, Sergai membawa program Gerakan Belanja Bersama Kebutuhan Dapur dan Harian di Pasar Rakyat (Grebek Dahsyat) yang merupakan inisiasi Bupati Sergai sebagai salah satu upaya pemulihan perekonomian masyarakat.

“Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, program ini bertujuan untuk membantu menggerakkan perekonomian masyarakat sekaligus usaha untuk memulihkan sektor pendapatan kelompok masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, terutama kalangan pedagang,” ucapnya.

Program Grebek Dahsyat ini, jelas Sekdakab, melibatkan peran serta para ASN di lingkungan Pemkab Sergai, untuk aktif berbelanja rutin di pasar rakyat yang tersebar di beberapa titik.

“ASN merupakan golongan profesi yang cenderung stabil perekonomiannya di tengah pandemi. Ini menjadi potensi yang perlu dimaksimalkan untuk membantu kelompok yang mengalami penurun pendapatan seperti pedagang,” katanya.

Dengan penilaian positif yang diberikan Tim Peniai PPD 2022, Sekdakab Faisal Hasrimy menyebut, hal tersebut merupakan bukti jika progam ini punya dampak yang signifikan selama penerapannya.

“Peringkat kedua yang diperoleh Kabupaten Sergai merupakan pengakuan tersendiri terhadap berjalannya program Grebek Dahsyat ini. Semoga kedepan, tetap bermunculan berbagai program-program inovatif yang dapat diimplementasikan dan bisa berdampak langsung terhadap masyarakat luas,” ucapnya.

Terakhir ia menyebut, sesuai dengan pengumuman pihak PPD, Kabupaten dan Kota Terbaik akan diberikan apresiasi PPD,

“Apresiasi ini akan disampaikan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara tahun 2023,” tandasnya.

Dalam ajang PPD tahun ini, Deli Serdang berhasil meraih posisi pertama disusul Sergai dan Batu Bara di tempat ketiga untuk kategori kabupaten. Sedangkan untuk kategori kota, Padang Sidimpuan menjadi pemenang pertama dengan Kota Medan di posisi kedua dan Binjai di tempat ketiga. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Admin : Julia

399 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *