Di Reses Komisi V DPR RI, Bupati Darma Wijaya Sampaikan Beberapa Permasalahan di Sergai

Medan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyampaikan berbagai tantangan maupun permasalahan yang dihadapi Kabupaten Sergai disela-sela kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI Masa Persidangan III TS 2021-2022 ke Provinsi Sumatera Utara (Provsu), yang dilaksanakan di Hotel Cambridge, Medan, Senin (22/2/2022).

Tantangan yang disampaikan oleh Bupati Sergai mencakup lintas sektor, seperti infrastruktur, penanganan banjir dan solusi bagi UMKM.

Perihal bencana banjir yang sudah menjadi permasalah rutin di Sergai, Bupati menyampaikan jika urgen sifatnya untuk melaksanakan normalisasi terhadap Sungai Rampah dan Sungai Belutu. Normalisasi ini, sebutnya, perlu dilakukan dari hulu hingga ke hilir demi meminimalisir, bahkan menuntaskan permasalahan banjir.

Ia mengungkapkan, keseriusan Pemkab Sergai untuk mengatasi permasalahan ini terlihat dari koordinasi yang dijalin dengan berbagai pihak, salah satunya pihak pengusaha yang tergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FTJSLP).

Lewat sinergi dengan pihak perusahaan ini, terhimpun dana yang dapat digunakan untuk membantu normalisasi sungai.

“ Namun bagaimanapun, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II memiliki kewenangan yang lebih komprehensif lagi untuk membantu Kabupaten Sergai mengatasi permasalahan banjir ini,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Untuk itu dia berharap kerja sama yang baik bisa terjalin dengan BWS supaya masalah banjir ini tidak berlarut-larut dan jadi permasalahan tiap tahun.

“ Setelah penyampaian reses ini, kami berharap BWS bisa langsung mengambil tindakan, sehingga tidak hanya Sungai Sibarau saja, namun Sungai Belutu dan Rampah juga mendapat perhatian yang sama,” ucapnya.

Selanjutnya, di kesempatan ini Bupati Sergai juga menyampaikan upaya pelebaran jalan nasional. Saat ini, sebutnya, di bawah kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan dan irigasi, menjadi salah satu prioritas.

“ Tentunya kewenangan kami sudah dibatasi untuk jalan berstatus kabupaten. Sehingga untuk jalan nasional yang menjadi kewenangan provinsi, kami berharap bisa terjalin juga kerja sama dan sinergi yang baik. Kami percaya, jika jalan mulus, maka ekonomi bagus,” ucapnya.

Lalu perihal UMKM, Bupati menyinggung pelaku UMKM yang mengalami dampak dari pembangunan jalan tol.

“ Meski sudah diakomodir untuk berkegiatan di kawasan rest area, namun perlu dicarikan solusi agar UMKM di sana bisa hidup kembali, mengingat biaya sewa yang cukup tinggi,” ucapnya.

Selain Bupati Sergai, dalam kesempatan ini hadir juga Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan, Bupati Deli Serdang dan Karo serta Wali kota Tebing Tinggi dan Medan. Ikut mendampingi Bupati Sergai Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Tim Media Komunikasi Pimpinan

Admin : Julia

433 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *