Perluas Akses Keuangan, TPAKD Sergai Terus Lakukan Berbagai Terobosan

Sei Rampah,

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus melakukan penyusunan program kerja (roadmap) dengan mencari berbagai terobosan dalam memperluas akses keuangan untuk mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan inklusif.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP saat ditemui di ruang kerjanya di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (21/2/2022).

Ia menyampaikan bahwa dalam roadmap TPAKD Kabupaten Sergai tahun 2022 ini, terdapat beberapa program kerja dan telah memiliki target yang sudah ditetapkan.

“ Beberapa program kerjanya antara lain; UMKM go digital, UMKM naik kelas, one village one agent, satu rekening satu pelajar, kampanye literasi inklusi keuangan dan penguatan kapasitas dan kinerja TPAKD,” rincinya.

Untuk roadmap UMKM go digital, lanjutnya, di Kabupaten Sergai terdapat 41 pelaku usaha mikro yang telah terdaftar di marketplace dan telah melakukan penjualan via e-commerce. Kemudian, untuk program one village one agent di Sergai juga sudah ada 3 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menjadi agen layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai), seperti BUMDes Berkah Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan, BUMDes Bogak Bestari Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu dan BUMDes Buduma Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis.

“ Menjadi agen Laku Pandai ini tentu akan membawa dampak yang cukup besar khususnya bagi pelaku usaha (BUMDes) serta masyarakat sekitar. Beberapa kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi akan menjadi lebih mudah tanpa harus jauh ke luar desa atau ke bank yang mungkin saja jauh dari tempat tinggal,” jelas Faisal.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh BUMDes yang telah menjadi agen Laku Pandai. Ia menambahkan bahwa kegiatan seperti membuka rekening/menabung, tarik tunai, pembayaran listrik, token pulsa dan lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Setiap transaksi tentu aka ada biaya administrasinya sehingga dapat menambah pemasukan bagi BUMDes yang menjadi agen Laku Pandai.

“Tentu kita semua berharap agar setiap BUMDes maupun pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sergai dapat menjadi agent Laku Pandai shingga mampu meningkatkan perekonomian Sergai. Namun, semua itu perlu didukung dengan sinergitas dari pelaku usaha dan perbankan, tutupnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : Vivi

410 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *