Pemkab Sergai Gelar Rapat Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan

 

Sei Rampah,

 

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam Rapat Koordinasi Pemerintah dan Pembangunan yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (2/3/2022).

Membuka sambutannya, Bupati mengemukakan jika tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini sebagai sarana media koordinasi dengan penyampaian beberapa informasi penting, utamanya terkait pencapaian dan kendala. Dirinya berharap, pelaksanaan rapat ini dapat meningkatkan kualitas penyelenggara pemerintah derah secara menyeluruh. Di kesempatan ini, Bupati Sergai juga mengatakan jika pandemi masih berlangsung hingga saat ini.

“Tahun lalu kita memperkirakan di tahun 2022 akan dilaksanakan pemulihan ekonomi secara menyeluruh. Namun pandemi ternyata belum usai, malah kita memasuki gelombang ketiga. Tapi jangan sampai jenuh. Bukan hanya Sergai, daerah lain juga mengalami tantangan serupa, bahkan ada yang kondisinya jauh lebih parah,” ungkap Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Bupati kembali menekankan pentingnya kebersamaan dan kekompakan dalam menghadapi segala tantangan. Ini terbukti dengan capaian vaksinasi belakangan yang persentasenya sangat baik berkat koordinasi yang solid.

“Kemarin kita dapat stok AstraZeneca sebanyak 20 ribu lebih dan itu semua bisa kita habiskan dalam seminggu. Ini capaian yang luar biasa,” pujinya.

Di kesempatan ini Bang Wiwiek juga menawarkan ide untuk mengkolaborasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan vaksinasi.

“Saya pikir perlu dikaji untuk menyisipkan program vaksinasi sebagai salah satu syarat warga untuk ikut menggunakan hak suara. Calon Kades juga bisa dilibatkan untuk menjaring warga yang belum mengikuti vaksinasi I, II, maupun booster,” katanya.

Selain itu, Bupati Sergai juga menerangkan beberapa hasil evaluasi dari rakor tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi di Sumatera Utara. Dia mengatakan, KPK mengapresiasi capaian Monitoring Center For Prevention (MCP) Sergai yang mengalami peningkatan drastis pada tahun 2021 di mana Sergai mendapat skor 80,7 dibanding tahun sebelumnya yang hanya 54,14.

“Namun ada catatan yang perlu kita perbaiki, di antaranya kita harus sungguh-sungguh menata kelembagaan SDM dan Inspektorat. Kemudian agar BPKA melaksanakan penyusunan secara baik Standar Satuan Harga (SSH), Standar Biaya Umum (SBU), dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK). Perlu juga memperkuat kelembagaan SDM di tataran fungsional dan rencana detail tata ruang,” rincinya.

Terakhir, Bupati meminta agar seluruh pihak mengingat betul jika kerja pelayanan publik orientasinya adalah kepuasaan masyarakat.

“Bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan maksimal. Kita beri usaha yang terbaik buat masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan launching inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan ditandai dengan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2022 oleh Bagian Organisasi Setdakab Sergai yang dilakukan oleh Sekdakab, Inspektorat, BAPPEDA, BKD, Camat Sei Rampah, Pantai Cermin dan Sipispis.

Di acara ini juga dilakukan sosialisasi penyelenggaraan Pengharagaan Inovasi Daerah Terbaik Kemendagri yang dibawakan secara virtual oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Drs. Matheos Tan, MM dan pengenalan pelatihan berbasis kompetensi yang dibawakan oleh Kabag Tata Usaha Pengembangan Latihan Kerja Medan Huminsa Tambunan.

 

Hadir dalam kegiatan ini Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas dan para Kabag. (Media Center Sergai).

 

Teks / Reporter : Ardi

Editor :  Rini Ry

Admin : Chan

476 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *