Matangkan Persiapan Pilkades, Pemkab Sergai Gelar Rakor

Sei Rampah,

Menjelang perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 31 Maret mendatang, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terus melakukan pembenahan dan persiapan.

Seperti yang terlihat pada hari ini ketika Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Sosial (Ekbangsos) Drs. Nasrul Azis Siregar menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Sergai, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (8/3/2022).

Membuka sambutanya, Asisten Ekbangsos menginformasikan jika Kabupaten Sergai akan melaksanakan Pilkades secara serentak di 100 desa dan 16 Kecamatan. Ia mengutarakan, penjaringan Bakal Calon Kades sampai penetapan Calon Kades yang berhak dipilih telah dilaksanakan dan akan dipilih secara langsung oleh masing-masing desa pada tanggal 31 Maret 2022 mendatang.

“Perlu diingat Pilkades tahun 2022 ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karenanya, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi kapasitas tempat pemungutan suara maksimal 500 pemilih. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi terjadinya penyebaran virus Covid-19 akibat adanya kerumunan masyarakat,” jelas Nasrul Azis.

Mewakili Bupati, dirinya berharap dalam setiap proses tahapan pemilihan Kades agar masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) dapat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada Calon Kades dan masyarakat agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita juga tentunya berharap kepada masing-masing Camat dapat memantau setiap perkembangan tahapan yang dilaksanakan, dibantu oleh Tim Penyelenggara Pilkades. Jika memang dibutuhkan pengamanan maka kita akan menggunakan bantuan dari kepolisian,” tuturnya.

Masih lanjut Asisten Ekbangsos, ada beberapa hal yang harus menjadi catatan penyelenggara Pilkades di antaranya dengan melaksanakan tahapan-tahapan Pilkades, mulai dari pemungutan suara sampai penetapan Calon Kades terpilih, tetap dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Yang tak kalah penting, prosesnya juga harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di seluruh TPS dengan mengimbau agar seluruh pemilih melakukan vaksin terlebih dahulu.

Kepada Camat, dia meminta agar dilakukan monitoring persiapan oleh P2KD serta memastikan seluruh logistik telah tersedia sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

“Terakhir, kepada Panitia Pelaksana Pilkades di masing-masing desa, saya berharap agar saudara lebih aktif, terbuka dan tegas, serta jujur dan ikhlas dalam mengemban tugas sebagai panitia. Lakukan tugas secara baik, maka Insya Allah yang diterima juga akan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, melaporkan jika rakor ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan persiapan dan pelaksanaan yang dilakukan di lapangan, serta kendala apa yang terjadi menuju pelaksanaan Pilkades.

Ia menyebut, kegiatan ini juga bertujuan untuk melihat perkembangan tahapan dalam proses Pilakades di masing-masing desa dengan menghadirkan para ketua P2KD di masing-masing desa. Tak lupa juga melibatkan stakeholder terkait guna makin maksimalnya persiapan ini.

“Dengan kegiatan ini diharapkan terlaksananya Pilakades yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta meminimalisir terjadinya permasalahan pada saat penyelenggaraannya nanti,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Waka Polres Sergai Kompol Sofyan, Waka Polres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, SH.,MH, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Henri Suharto, SH, MAP, para Camat serta ketua P2KD se-Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai)

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps / Irfan YE

Admin : Julia

773 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *