Wabup Sergai Lantik Mabiran Gerakan Pramuka

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir dalam pelantikan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwarran) Sei Rampah masa bakti 2022-2025, yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Firdaus Estate, Jumat (11/3/2021).

Wabup Sergai dalam sambutannya menyampaikan kekhawatiran jika tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

Hal ini, katanya, sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat”.

“Di samping itu, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti, agar bersinergi dengan Pemkab Sergai guna mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus,” kata Wabup.

Untuk itu, dirinya mengatakan perlu upaya meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir ranting yang sistematis, terencana dan berkelanjutan. Ia berharap pelantikan ini merupakan upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat ranting.

“Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik. Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud,” katanya.

Masih lanjut Adlin, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 225 Tahun 2015 tentang Petunjuk Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka disebutkan bahwa tugas Majelis Pembimbing adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, finansial dan konsultasi kepada gugus depan, satuan, dan kwartir yang bersangkutan.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sei Rampah, atas gerak tumbuh dan berkembangnya pramuka di Sei Rampah.

Wabup menyadari jambore kali ini masih dibayangi dengan suasana prihatin akibat pandemi Covid-19 yang belum usai. Ia berucap jika masyarakat masih harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

“Sebagaimana juga dengan pendidikan formal yang saat ini terkendala oleh pandemi Covid-19, pendidikan nonformal yang dilakukan Gerakan Pramuka juga merasakan dampaknya. Namun hal itu tidak boleh membuat kita putus asa dan menyerah. Banyak kegiatan yang masih dapat dilaksanakan. Baik kegiatan daring, maupun kegiatan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Terakhir, ia berharap latihan-latihan kepramukaan, termasuk kegiatan menempuh Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus bagi para peserta didik, harus terus diupayakan.

“Para Pembina Pramuka diharapkan dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif yang membuat para peserta tetap bersemangat mengikuti latihan kepramukaan,” pungkasnya. (Media Center Sergai)

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Tim Media

Admin : Julia

516 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *