Tingkatkan Sektor UMKM, Pemkab Sergai Gelar Pembekalan SIRUP dan SPSE

Medan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pembekalan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) dan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Aula Hotel Saka Medan, Senin (14/3/2022).

Dalam sambutannya, Sekdakab mengatakan Perpres No. 12 tahun 2021 menegaskan bahwa pengadaan barang dan jasa, pemerintah mempunyai peran penting untuk melaksanakan pembangunan nasional, peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

Hal inilah, ucapnya, yang mendasari Pemkab Sergai dalam melaksanakan kegiatan Pembekalan SIRUP dan SPSE se-Kabupaten Sergai yaitu agar seluruhnya bisa saling bersinergi dalam mengimplementasikan aturan-aturan yang ada tentang pengadaan barang/jasa serta tertib administrasi dalam menciptakan pengadaan barang/jasa yang transparan terbuka dan kompetitif.

Lebih lanjut dikatakannya, menindaklanjuti Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No. 027/1022/SJ tahun 2022 tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pengadaan Barang/Jasa Di Pemerintah Daerah, setiap Pemda wajib mengalokasikan dan melaksanakan belanja pengadaan barang/jasa paling sedikit 40% dari nilai anggaran belanja barang/jasa untuk penggunaan produk usaha kecil dan menengah atau koperasi.

“ Kemudian dalam hal upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, diwajibkan kepada seluruh OPD agar meningkatkan dan memaksimalkan transaksi belanja barang/jasa melalui e-Katalog dan toko daring di lingkungan Kabupaten Sergai,” terang Sekdakab lagi.

Dalam hal pemenuhan penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP), Faisal Hasrimy berharap minimal Sergai dapat memeroleh kategori baik dan kepada seluruh OPD diwajibkan memaksimalkan penggunaan sistem pengadaan secara elektronik.

“ Para peserta kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, khususnya mengenai proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik melalui aplikasi SIRUP dan SPSE. Kemudian untuk para admin SIRUP dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), diharapkan dapat meningkatkan kemampuan di bidang teknologi khususnya pengadaan secara elektronik untuk mewujudkan proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara struktur dan transparan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Terkahir dirinya meminta seluruh OPD harus produktif dengan menunjukan dan maksimalkan potensi dalam diri dan manfaatkan peluang sekecil apapun.

“Mari saling bekerjasama dan bersinergi untuk membangun Kabupaten Sergai dan menggerakkan sektor UMKM. Adalah hal yang sangat penting untuk menggiatkan pergerakan sentra ekonomi lokal demi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Tri Budi Utama Nasution, ST, M.Si, melaporkan jika kegiatan pembekalan SIRUP dan SPSE ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 14 sampai dengan 18 Maret 2022.

Kegiatan ini, sambungnya, bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan sistem pengadaan secara elektronik dan sosialisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta UMKM dengan meningkatkan transaksi belanja barang/jasa melalui e-Katalog lokal dan toko daring di lingkungan Kabupaten Sergai.

“ Selain itu juga diharapkan lewat kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para admin SIRUP dalam penggunaan aplikasi. PPK juga diminta menguasai penggunaan aplikasi SPSE dalam proses administrasi pengadaan barang/jasa, sesuai peraturan yang berlaku dalam menciptakan pengadaan barang/jasa yang transparan terbuka dan kompetitif,” tandasnya.

Ikut dalam kegiatan ini Asisten Ekbang, Drs Nasrul Azis Siregar, para Kepala OPD, Camat, dan PPK dari OPD di lingkungan Pemkab Sergai. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry
Reporter : Brojeps
Admin : Vivi

489 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *