Pacu Capaian Vaksinasi, Bupati Sergai Ikut Koordinasi dengan Kapolda Sumut

Sei Rampah,

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti koordinasi pelaksanaan vaksinasi dengan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. Panca Putra Simanjuntak dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, yang dilaksanakan di Polres Sergai, Sei Rampah, Rabu (16/3/2022).

            Di sela-sela kegiatannya saat memantau pelaksanaan vaksinasi lansia dan pelajar di halaman Polres Sergai, Bupati menyampaikan jika kehadiran Kapolda Sumut pada hari ini bertujuan untuk memonitor capaian vaksinasi di seluruh wilayah di Sumut.

            “ Hari ini Pak Kapolda hadir langsung di Sergai untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di sini. Beliau juga mengundang perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Sumut untuk berkoordinasi secara virtual via zoom meeting terkait perkembangan capaian vaksinasi di daerah masing-masing,” paparnya.

            Bupati Sergai yang akrab disapa Bang Wiwiek ini menuturkan jika sesuai dengan data yang disampaikan oleh Kapolda Sumut, capaian vaksinasi di Provinsi Sumut cukup baik.

            “Untuk dosis I di 33 kabupaten/kota se-Sumut sudah mencapai 93 persen. Sedangkan untuk dosis II capaiannya 73 persen dan terakhir untuk Booster baru 8 persen. Dari 33 kabupaten/kota itu, sudah ada 20 yang capaiannya di atas 70 persen, tersisa 13 lagi yang masih di bawah,” rinci Darma Wijaya.

            Dirinya mengatakan, capaian ini menjadi catatan tersendiri bagi Kapolda Sumut kepada daerah yang belum memenuhi persentase minimal vaksinasi. Di Kabupaten Sergai sendiri, Bang Wiwiek mengatakan jika vaksinasi I sudah mencapai 91,27%, vaksinasi II 71,88% dan booster 8,06%.

            “Pak Kapolda meminta betul agar seluruh pihak terkait benar-benar menjalankan koordinasi yang intens. Harus dicari solusi dan teknik untuk menyiasati capaian yang kurang. Apalagi sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadan. Ini akan menjadi tantangan sendiri,” sebutnya.

            Bupati Sergai berujar, vaksinasi lansia dan pelajar menjadi skala prioritas mengingat keduanya adalah kelompok rentan. Untuk sektor ini, Sergai ada di angka 89,12% untuk vaksin I dan 65,51% untuk vaksin II. Sedangkan vaksin booster 11,92% dari keseluruhan target.

            Sebelumnya Kapoldasu Irjen. Pol Panca Putra Simanjuntak menegaskan agar seluruh pihak memberikan dedikasi total untuk menyukseskan program vaksinasi di Provinsi Sumut.

            “ Meskipun kecenderungan kasus aktif sudah menurun, namun kita jangan sampai longgar. Jangan sampai lengah. Kita terus kejar target agar masyarakat seluruhnya bisa divaksin. Ini penting sekali, mengingat sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Agar kiranya dengan vaksinasi, percepatan penanganan pandemi bisa semakin membaik dan masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

            Setelah arahan virtual, Bupati Sergai, Kapolda dan jajaran memantau dan menyapa para lansia dan pelajar peserta vaksinasi.

            Hadir dalam kegaitan ini Kapolres Sergai AKBP dr. Ali Machfud, SIK, MIK, Kakesdam I /BB Kolonel dr. Machmud Yunus Sp.B, Kabiddokkes Polda Sumut Kombes Pol Dr. Agustinus, Kepala Dinas Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM, Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si dan perwakilan Kabupaten dan Kota se-Sumut yang hadir secara virtual. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

398 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *