Target Tingkatkan Indeks SPBE, Pemkab Sergai Gelar Rakor

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan agenda pembahasan Peningkatan Indeks Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang digelar di Ruang Data Center, Kantor Dinas Kominfo, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (7/4/2022).

Dalam sambutannya, Hj Nina Deliana menekankan pentingnya keseriusan setiap pihak dalam mempersiapkan tiap bagian yang menjadi aspek penilaian SPBE.

Salah satu hal yang disoroti olehnya adalah terkait perwakilan yang diutus oleh OPD yang akan lebih baik jika dipercayakan kepada satu orang/seksi yang sama untuk seterusnya.

“ Kalau bisa, masing-masing OPD membuat Surat Perintah Tugas (SPT) khusus untuk satu orang yang dipilih untuk mengikuti koordinasi terkait SPBE ini. Hal tersebut penting sekali agar tercipta konsistensi dan kesepahaman yang baik. Kalau yang diutus berganti-ganti, maka kita akan kesulitan menyatukan pandangan,” ucapnya.

Ia juga menyebut, sebelum Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melakukan penilaian, Pemkab Sergai dapat melaksanakan penilaian internal untuk mengetahui serta mengukur kompetensi dan kesiapan yang dimiliki.

Sebelumnya Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menjelaskan jika SPBE memiliki 3 tujuan yakni; pertama, mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Kedua, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Dan terakhir meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan SPBE.

Ia menyebut, struktur penilaian Indeks SPBE, sesuai Permen PAN-RB 59/2020, terdiri dari 4 domain yaitu kebijakan internal, tata kelola SPBE, manajamen SPBE dan layanan SPBE. Lanjutnya, 4 domain tersebut terbagi ke dalam beberapa aspek, yaitu untuk domain 1 aspeknya mencakup kebijakan internal tata kelola SPBE, domain ke-2 mencakup perencanaan strategis SPBE, teknologi informasi dan komunikasi dan penyelenggara SPBE, kemudian domain ke-3 terdiri dari penerapan manajemen SPBE dan Audit TIK, dan terakhir pada domain ke-4 meliputi 2 aspek yakni layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik dan layanan publik berbasis elektronik.

“ Dalam indeks penilaian tersebut ada 47 indikator yang harus dipenuhi. Untuk hasil evaluasi eksternal SPBE tahun 2021, Sergai memperoleh angka 2.28. Ini sedikit menurun dibanding tahun 2019 yang ada di skor 2.29. Semoga dengan koordinasi yang lebih baik, hasil yang kita peroleh bisa semakin meningkat,” tandasnya. (Media Center Sergai).

Teks / Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

524 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *