Bupati Sergai Ikuti Safari Ramadan di Dolok Merawan, Wabup di Sei Rampah

Dolok Merawan,

            Di hari kedua rangkaian Safari Ramadan 1443 H Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Bupati Sergai H. Darma Wijaya berkunjung ke Masjid Sultan Agung Al-Fatih Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Senin (12/4/2022).

            Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan kegiatan Safari Ramadan tahun ini yang bertujuan meningkatkan tali silaturrahmi dan untuk memperkuat ikatan rasa persaudaraan sebagai umat beragama dalam suasana kebersamaan dan kasih sayang, sebagai perwujudan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

            Bupati berharap kehadiran Bulan Ramadan akan mampu membentuk manusia-manusia yang kuat, tidak hanya kuat secara fisiknya saja tapi juga mampu membentuk keperibadian yang tangguh dan tidak mudah putus asa. Untuk itulah, tuturnya, Pemkab Sergai dan Tim Safari kali ini mengimbau dan mengajak seluruh masarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri.

            Pada kesempatan ini juga, Darma Wijaya menyampaikan di bawah kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan dirumuskan program prioritas pembangunan daerah tahun 2021-2026 yang disebut SAPDA (Sapta Dambaan) yang terdiri dari 7 program unggulan. 7 program unggulan tersebut adalah sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (Sekolah Mantab), masyarakat sehat dan religius, pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur terintegritas, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

            Selanjunya, Bupati menyatakan jika Pemkab Sergai juga telah membuat program dan kegiatan sebanyak 9 poin untuk mempercepat nilai religius yang bertujuan menghadirkan pemerintah dalam setiap kehidupan bermasyarakat.

            Ia melanjutkan, jika 9 di antaranya adalah Safari Jum’at dari masjid ke-masjid, Jum’at mengaji bagi ASN dan tenaga honor di Masjid Agung Kabupaten Sergai, Safari pengajian Dambaan yang dilaksanakan setiap bulan dan telah terjadwal di perwiritan-perwiritan malam Jum’at, Ekstrakurikuler untuk siswa yang belum bisa mengaji di luar jam pelajaran (kegiatan akan dilaksanakan sesuai jadwal yang akan diatur), Ekstrakurikuler untuk siswa yang sudah bisa mengaji akan ditingkatkan untuk mempersiapkan calon qori masa depan dan dilaksanakan di luar jam pelajaran, sholat jamaah dan mengatur sholat dhuha bagi siswa secara bergantian, ekstrakurikuler manasik haji di seputaran Masjid Agung dimulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP, Sholat Jumat bersama (murid dan guru) di masjid terdekat, dan Pesantren kilat yang dilaksanakan di bulan suci Ramadan.

            Program-program yang telah dirumuskan tersebut, sebut Darma Wijaya saat ini sudah dan sedang dilaksanakan.

            “ Untuk itulah diperlukan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Sergai, sebab tanpa dukungan masyarakat saya yakin proses pembangunan tidak akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

            Terakhir, Bupati menginformasikan kabar baik kepada warga Dolok Merawan terkait pembangunan infrastruktur. “ Jalan dan jembatan yang ada di Desa Dolok Merawan akan segera diperbaiki, guna mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan di wilayah ini,” katanya.

            Di tempat terpisah, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan yang tergabung dalam Tim II Safari Ramadan yang mengunjungi Masjid Al-Ikhlas, Dusun XV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

            Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan agar ibadah puasa yang sedang dilaksanakan ini dijadikan sebagai wahana pengendalian diri dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran setiap diri manusia di muka bumi ini.

            “ Dalam berpuasa kita dikondisikan untuk hidup sehat, ikhlas, sabar, taat, dan berdisiplin, saling tolong menolong, dan menebar kasih sayang kepada sesama. Jika setiap dari kita memahami dan menghayati makna di balik puasa dan berbagai aktivitas ibadah lainnya di bulan suci ini sebagai jihad terbesar melawan hawa nafsu, maka tidak ada peluang bagi kita untuk bersikap agresif, main hakim sendiri, menebar ancaman di mana-mana, melakukan berbagai aksi kekerasan dan kriminalitas serta apatis terhadap kondisi lingkungan sosialnya. Tetapi sebaliknya, akan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungannya,” ungkapnya.

            Terakhir Wabup mengatakan jika Pemkab Sergai saat ini sangat serius melaksanakan program ketiga Sapta Dambaan yaitu masyarakat sehat dan religius, dengan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi di beberapa lokasi secara terus menerus.

            “Vaksinasi ini diharapkan mampu menekan penyebaran wabah Covid-19. Saya juga berharap, agar kita yang belum melakukan vaksinasi dosis 3 agar segera melaksanakan vaksinasi. Kemudian kita juga harus selalu mendisiplinkan diri agar selalu sehat sampai berakhirnya masa pandemi ini,” ucapnya.

            Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, tergabung dalam Tim III yang mengikuti Safari Ramadan di Masjid Nurul Taqwa Dusun X, Desa Paya Bagas, Kecamatan Tebing Tinggi.

            Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOTPKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, dan rombongan Tim I dan II. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps / Irfan YE

Admin : Julia

442 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *