Sergai Ikuti Asistensi Penerapan SPBE

Sei Rampah,

            Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengikuti  Pelaksanaan Asistensi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2022, yang disaksikan secara virtual di Ruang Data Center Dinas Kominfo, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (12/4/2022). Kegiatan ini direncanakan berlangsung mulai tanggal 12 sampai dengan 14 April mendatang.

            Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, menyebut jika kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pendampingan kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah terkait penerapan SPBE, khususnya mengenai Arsitektur SPBE, Peta Rencana SPBE, serta Pemantauan dan Evaluasi SPBE.

            “ Dalam asistensi ini diutus dua personil dari Dinas Kominfo yang diwakili oleh Kabid Penyelenggaraan E- Government Riki Hamdani SE dan Bagian Organisasi yang diwakili Kepala Sub Bagian Kinerja Dan Reformasi Birokrasi Irwan Harahap S.ST. Namun, saya dan Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si yang merupakan Tim Asesor Internal Pemkab Sergai ikut mendampingi serta mendengarkan untuk menambah pengetahuan terkait SPBE,” ucap Nina Deliana.

            Nina melanjutkan, bagi Kabupaten Sergai ini merupakan peluang dan jadi salah satu syarat penilaian penerapan SPBE menuju peningkatan Indeks SPBE .

            “ Indeks SPBE Kabupaten Sergai Tahun 2021 masih bernilai CUKUP dan lewat kegiatan ini kita akan berupaya untuk bisa meningkatkan menjadi nilai BAIK di Tahun 2022. Hal ini dikarenakan indeks SPBE tersebut menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) Daerah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai,” sebutnya.

            Dalam asistensi ini, hadir sebagai narasumber secara virtual, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE KEMENPANRB, Cahyono Tri Birowo, yang membawa materi Kebijakan Strategis SPBE dan Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian PANRB Ugi Cahyo Setiono yang menyampaikan materi terkait Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi SPBE dan Diskusi. Dari pihak Akademisi, hadir pula sebagai narasumber Fikri Akbarsyah Anza dari Universitas Indonesia. Sedangkan dari Pemkab Sergai, hadir juga Kabag Organisasi, Kusmin, S.Pd, M.Pd. (Media Center Sergai).

Teks / Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

365 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *