Luncurkan Buku Kedua, Kadis Kominfo Buktikan Diri Tetap Produktif di Tengah Kesibukan

Sei Rampah,

Berkat produktivitasnya dalam bidang literasi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Drs. H. Akmal, AP, M.Si, kembali menghasilkan karya. Setelah sebelumnya merilis buku yang diberi judul Celoteh Medsos Menggugah Literasi pada tahun 2020 lalu, pria yang telah malang melintang di dunia birokrasi ini lagi-lagi meluncurkan karya terbarunya tahun ini.

Karyanya kali ini bisa dibilang sebagai capaian tersendiri. Mengingat kesibukannya sebagai Kepala Dinas, tentu bukan hal yang mudah untuk menyempatkan diri melaksanakan kegiatan yang menuntut konsistensi dan kedisiplinan tinggi seperti menulis. Bahkan Akmal bisa dikatakan satu dari sedikit JPT Pratama di Sergai yang sanggup melahirkan karya bahkan untuk kali kedua dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Berbeda dengan bukunya yang pertama, karya kedua Akmal yang berjudul Sang Pamong: Kisah Pengabdian di Medan Penugasan ini, tergolong sebagai biografi perjalan karir penulis.

“ Buku kedua ini merupakan kisah keseharian saya sebagai seorang pamong, memberikan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Ulasan dalam buku ini lebih banyak bercerita tentang biografi sebagai pamong, bertugas pada lini terdepan yaitu di kecamatan sebagai penjaga hati nurani rakyat. Bertugas sebagai birokrat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pada medan pengabdian yaitu di kecamatan,” papar Akmal saat menjelaskan garis besar isi buku.

Kadis Kominfo mengatakan, untuk memudahkan memahami setiap narasi, buku ini pun disusun dan diurutkan dalam bab per bab. Cerita yang sama dan berada dalam satu momen yang sama, dijadikan dalam satu bab.

“ Mengapa demikian? Karena dimaksudkan agar memudahkan pembaca untuk menelaahnya. Antara satu bab dengan bab yang lain juga tak saling berkaitan ataupun berhubungan. Akan tetapi, narasi itu disusun menurut momen atau saat kejadiannya. Buku ini dapat dibaca dari bab yang mana saja. Bisa dibaca berurut dari awal bab atau bab pertama sampai bab terakhir. Bisa juga dibaca dari pertengahan bab ataupun dari akhir bab. Tak menjadi masalah karena memang tak saling berhubungan dan berkaitan. Hanya momen atau waktu saja yang membedakannya,” jelasnya menerangkan buku yang dicetak setebal 392 halaman ini.

Apresiasi disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, terhadap prestasi literasi yang dicapai Kadis Kominfo.

Ketiganya bahkan menyempatkan diri menyampaikan pujian lewat sambutan khusus yang termuat dalam buku.

“ Buku ini bukan sekadar cerita sekilas lalu tentang karir seseorang, lebih dari itu, Saudara Akmal secara implisit juga mengajarkan kita tentang nilai profesionalisme tanpa sama sekali terlihat menggurui,” kata Bupati Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya di buku.

Hal senada juga diucapkan Wabup Sergai Adlin Tambunan. Ia menyebut, buku ini kaya akan inspirasi dan pembelajaran yang bisa dipetik oleh pembaca.

“ Bagi pembaca umum dan awam, banyak pula nilai- nilai positif yang bisa dikaji dan bahkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tukasnya.

Sedangkan bagi Sekdakab, lewat buku Sang Pamong pembaca tak sekadar mengetahui sejarah dan biografi Kadis Kominfo Sergai, akan tetapi bisa juga sambil memetik pelajaran berharga yang terselip di banyak bagiannya.

“ Kepada para Purna Praja lulusan IPDN di mana pun berada dan bertugas, buku ini bisa dijadikan sebagai referensi penting untuk mengetahui bagaimana menunaikan pengabdian sekaligus membangun karir langsung dari seorang Pamong berpengalaman yang telah melewati berbagai aral-rintang, suka dan duka, sukses dan gagal sebagai seorang birokrat,” ucapnya. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Admin : Julia

 

 

465 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *