Bupati Sergai Inspektur Upacara Apel Ops. Ketupat Toba

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didapuk sebagai inspektur upacara dalam apel gelar pasukan Ops. Ketupat Toba Tahun 2022 yang digelar di Lapangan Apel Polres Sergai, Sei Rampah, (22/4/2022).

Di apel yang bertemakan “Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022” ini, Bupati Sergai membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ada beberapa poin yang menjadi sorotan dalam amanat Kapolri, terutama persiapan mudik yang tahun ini sudah mulai dilonggarkan pasca pandemi.

“Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443/2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022,” kata Darma Wijaya.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, Bupati mengatakan, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Bupati melanjutkan, kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran.

Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali di mana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan bor rumah sakit berada di bawah standar WHO, namun dirinya menegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai.


“Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H/2022,” terangnya lagi.

Menutup sambutan ini, Bupati menyampaikan jika berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H/2022 harus diantisipasi.

“Kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan Ibadah Ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, Ketua MUI Sergai H. Hasful Huznain, para kepala OPD, serta para personil gabungan Ops. Ketupat Toba Tahun 2022. (Media Center Sergai)

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry
Reporter : Brojeps
Admin : Julia
395 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *