Sergai – Jepang Jajaki Kerja Sama

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima kunjungan kehormatan Konsulat Jenderal Jepang Mr. Takonai Susumu, di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (22/4/2022).

Mengawali sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kekaisaran Jepang atas perhatian negara Jepang kepada Indonesia melalui kunjungan Konsulat Jenderal Jepang di Medan ke bumi Sergai.

Darma Wijaya berharap besar, kiranya kunjungan ini menjadi awal yang baik untuk pembangunan bagi daerah Sergai yang dijelaskannya memiliki luas wilayah daratan kurang lebih 195.255 ha (1.952 km²) yang terdiri dari 17 kecamatan dan 237 desa serta 6 kelurahan.

Sebagai negara maju di Asia, Bupati Sergai menyebut Jepang sudah memiliki reputasi yang dikenal secara luas sebagai negara yang memiliki prasarana dan sarana yang baik dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan perdagangan. Hal ini, sebutnya, jelas sangat patut dicontoh.

“Sebagai saudara tua, negara Jepang menjadi penjuru dalam perspektif pembangunan daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Sergai. Untuk itu pada kesempatan awal ini, Sergai akan memanfaatkan Kunjungan Kehormatan Konsulat Jenderal Jepang ini untuk transformasi pembangunan dari Jepang dengan gagasan pembentukan kota kembar. Diharapkan dengan adanya daerah kembar ini akan mempermudah dalam akses-akses yang dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan di Sergai dengan jargon Sapta Dambaan-nya, serta visi Sergai Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” ucap Bupati sembari berharap agar penjajakan kerjasama antara Prefektur Ibaraki-Jepang dengan Kabupaten Sergai-Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu di kesempatan serupa, Mr. Takonai Susumu berterimakasih atas penyambutan yang hangat yang diterimanya dari Pemkab Sergai. Dalam kesempatannya berbagi pengalaman, Takonai Susumu mengaku ketika bertugas di Konjen Singapura dirinya sudah banyak melihat dan berinteraksi dengan komunitas Melayu, hal yang identik dengan Kabupaten Sergai.

“Begitu pula dengan Kabupaten Sergai yang jadi pusat komunitas Melayu sehingga saya sudah cukup kenal dan akrab. Dengan begitu lebih hangat dalam memulai sebuah hubungan kerjasama dan bisa segera memulainya pula,” ucapnya.

Dia melanjutkan, orang Indonesia memiliki citra yang baik di mata orang Jepang. Hal itu, ucap Takonai, karena keramahan dan kehangatan orang Indonesia dalam menyambut investor Jepang.

Selain itu, pihaknya juga menyebut jika pemerintah Jepang pernah memberi hibah kepada Kabupaten Sergai, tepatnya pada tahun 2014, melalui Konjen Jepang yang ada di Medan. Saat itu, katanya, hibah disalurkan ke Kecamatan Tanjung Beringin dengan besaran 1,3 miliar rupiah.

“Kedepan, kami siap meningkatkan kerjasama antara Jepang dengan Indonesia,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Para Asisten dan Staff Ahli, Kepala dan perwakilan OPD, serta rombongan Konsulat Jendral Jepang di Medan. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

483 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *