Pemkab Sergai Ikuti Peringatan Hari OTDA ke-XXVI Secara Virtual

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXVI Tahun 2022 secara virtual lewat aplikasi  Zoom Meeting di ruang kerja Wabup Sergai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (25/4/2022).

Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy menyampaikan jika peringatan Hari OTDA tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Faisal Hasrimy melaporkan, dalam peringatan Hari OTDA pada hari ini Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik, menyampaikan jika kegiatan tersebut mengacu pada Keputusan Presiden no 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah di mana setiap Pemerintah Daerah memperingati Hari OTDA setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 25 April.

“ Tadi Pak Akmal Malik mengatakan pada tahun ini otonomi daerah kita sudah menginjak 26 tahun. Ini tentunya adalah umur yang cukup dewasa yang bisa dijadikan motivasi untuk semakin meningkatkan otonomi daerah,” ungkapnya.

Sekdakab melanjutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai kesempatan untuk menjalin komunikasi antara pemerintah pusat dan pemeritah daerah dalam rangka refleksi terhadap pencapaian pelaksanaan kebijakan otonomi daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Selain itu, kegiatan ini juga punya maksud untuk semakin mengingatkan komitmen dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu, hari OTDA ini juga bertujuan untuk mentransmisikan pesan yang mendukung karakter ASN yang Proaktif dan Berakhlak, serta membangun sinergitas yang kuat antara pusat dan daerah demi mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045,” jelas Sekdakab Sergai.

Faisal juga melaporkan, di kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro mengungkapkan fungsi vital otonomi daerah yaitu utuk mendelegasikan sebagian kewenangan dan urusan pemerintahan pusat.

“ Delegasi ini bermaksud untuk menjadikan suatu daerah mandiri secara fiskal dan dapat lebih mampu menggali potensi sumber daya yang ada. Tentunya diharapkan hal tersebut dapat semakin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan,” terang Sekdakab mengutip sambutan Suhajar.

Di momen Hari OTDA ini juga dirangkaikan dengan launching aplikasi Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (SILPP).

Turut hadir dalam kegiatan serupa Kepala Tata Pemerintahan Onggung P. G. Purba, S.Sos, perwakilan Polres Sergai, Kodim 0204/DS, dan Kajari Sergai. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

346 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *