Posko Siaga Lebaran PMI Berdiri di Sergai, Masyarakat Bisa Mudik Aman dan Nyaman

Sei Rampah,

Apresiasi tinggi disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat hadir dalam pembukaan Posko Siaga Lebaran Palang Merah Indonesia (PMI) yang berdiri di area Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (27/4/2022).

Wabup Sergai menyampaikan, keberadaan Posko Siaga Lebaran ini tentu akan sangat membantu masyarakat yang pada tahun ini melaksanakan tradisi mudik dalam suasana Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah/2022.

“Alhamdullilah tahun ini arus mudik sudah dibuka dengan lebih lebar lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya pasca mulai terkendalinya pandemi Covid-19. Saya sangat berterimakasih kepada PMI yang dengan inisiatifnya mendirikan Posko Siaga ini. Mudah-mudahan posko ini menambah rasa aman dan nyaman para warga yang melewati Sergai dalam perjalanan mudiknya,” ucap Adlin Tambunan.

Wabup Sergai mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan mudik jika memerlukan bantuan terutama aspek medis agar memanfaatkan layanan Posko Siaga Lebaran PMI ini.

Masih lanjut Adlin, kegiatan dan keberadaan Posko Siaga Lebaran PMI ini merupakan perwujudan 7 prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang mencakup Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat demi berjalannya kegiatan mudik yang lancar dan aman sampai ke kampung halaman,” tandasnya.

Ketua PMI Sumut Dr. Rahmat Shah yang juga hadir dalam momen ini menerangkan jika apa yang pihaknya lakukan adalah upaya nyata PMI untuk hadir di tengah masyarakat dalam aspek penanggulangan bencana, kecelakaan, dan lain sebagainya. Ia menuturkan, selain di Sergai, Posko Siaga Lebaran PMI juga beroperasi di wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Kota Tebing Tinggi.

Rahmat menekankan betul pentingnya komunikasi dan koordinasi dalam kerja pelayanan terhadap masyarakat di posko ini.

“Saya berharap agar rekan-rekan Relawan PMI yang bertugas dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pihak Rumah Sakit, Ambulans, dan lokasi penanganan medis lainnya. Intinya kita harus gerak cepat ketika masyarakat membutuhkan,” mintanya.

Terakhir, dirinya mengingatkan agar para Relawan PMI dapat menjalankan tugasnya dengan ikhlas, prima, dan penuh tanggung jawab.

“Selain itu jaga kekompakan dan kerja sama antara sesama relawan dan yang tak kalah penting, jangan lupa bekerja sesuai prosedur supaya kita sama-sama aman dan selamat dalam menunaikan tugas,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua PMI Sergai Hj. Yanti Handayani Siregar, Ketua PMI Deli Serdang H. Ismayadi, perwakilan PMI Tebing Tinggi, serta para relawan yang tergabung dalam PMI Sumut. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

749 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *