Narasumber di Latsar CPNS, Sekdakab Sergai Sampaikan “Core Values and Employer Branding ASN”

Medan,

Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sekdakab Sergai) H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, didapuk sebagai narasumber dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan XIX, XX, XXI, XXIII, dan XXIV serta Golongan II Angkatan III dan IV yang dilaksanakan pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara (BPSDM Provsu) secara virtual, di Studio E-Learning Si Bermartabat, BPSDM Provsu, Medan, Jumat (13/5/2022).

Di kesempatan ini, Sekdakab menyampaikan arahannya dengan tema Core Values and Employer Branding ASN.

Dalam paparannya, Faisal Hasrimy menjelaskan jika salah satu percepatan transformasi ASN yang telah dilakukan adalah dengan diluncurkannya core values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa oleh Presiden RI Joko Widodo 27 Juli tahun lalu.

“BerAKHLAK ini merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif. Dalam masing-masing nilai tersebut dijabarkan lagi sifat dan sikap yang mesti diimplementasikan oleh seluruh ASN dalam proses kerjanya,” ucap Sekdakab.

Dirinya melanjutkan, “Employer Branding ASN” lebih dari sekadar frasa, karena semangat ini diperlukan untuk pertumbuhan organisasi/Pemerintah. Core value ASN harus diimplementasikan sehingga terlihat betul outputnya serta dapat terbentuk image di masyarakat bahwa ASN adalah abdi negara yang mampu menghadirkan layanan prima di berbagai jenis layanan.

“Ada tiga alasan pentingnya Employer Branding ASN yang pertama adalah terciptanya kompetisi sehat untuk membangun kinerja kearah yang lebih baik, kedua menarik bakat baru dan inovasi yang tentunya akan berdampak baik bagi pelayanan masyarakat dan terakhir meningkatkan budaya kerja yang positif dan benar-benar berorientasi pada pelayanan terbaik,” jelasnya.

Di kesempatan ini juga Sekdakab Faisal Hasrimy berbagi pengalaman dan prestasinya selama menjadi ASN. Ia menjabarkan, beberapa di antaranya ia pernah menjadi Lurah Terbaik se-Sumatera Utara saat menjabat sebagai Lurah Syahmad Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang. Saat menjabat sebagai Camat Tebing Tinggi Kabupaten Sergai, dia juga menajdi Camat Terbaik Ketiga se-Provsu dengan inovasi Pengairan Sawah yang kering dengan pompanisasi.

“Lalu ketika menjabat sebagai Kepala Samsat Medan Selatan, dalam waktu kurang dari 2 menit kita bisa melakukan pelayan sangat prima. Dan satu-satunya Samsat terbaik di Indonesia, dan menjadi pilot projek. Menjadi salah satu dari TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia Kemenpan RB Tahun 2014,” ucapnya.

Semua ini ia harapkan bisa diteruskan oleh para Calon ASN dalam kesempatan pengabdiannya bagi negara, terkhusus di Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

535 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *