Tingkatkan Pendapatan, Sergai Jajaki Kerjasama Antar Kabupaten se-Sumut

Sidikalang,

Menyongsong gelaran rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) se- Sumatera Utara (Sumut) yang akan dihelat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada 19 Mei 2022 mendatang, berbagai persiapan telah dilaksanakan demi mematangkan ajang tersebut.

Sebagai tuan rumah pelaksanakan kegiatan, Bupati Sergai H Darma Wijaya selaku koordinator wilayah Apkasi Sumut, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, Bupati pun langsung menginstruksikan Kepala Perangkat Daerah maupun Pejabat terkait agar melakukan koordinasi untuk kerjasama dan penjajakan di beberapa wilayah kabupaten se-Sumut.

Hal ini disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal AP, M.Si saat mendampingi Ketua Tim I Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si saat melakukan kunjungan di Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Jumat (13/5/2022).

Ia menambahkan bahwa Gelaran Rakorwil Apkasi ini nantinya akan diikuti oleh 25 Bupati se-Sumut. Adapun tema kegiatan, lajut Akmal, adalah “Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah”.

” Berdasarkan tema Apkasi tersebut,  Pemkab Sergai terus berpacu membuat terobosan dengan  menjalin kerjasama dengan 25 kabupaten se-Sumut. Kerjasama antar daerah ini dalam rangka peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah se- Sumut yang tergabung dalam Apkasi,” jelas Akmal.

Lebih lanjut disampaikan Akmal jika kunjungan koordinasi yang dilakukan saat ini terbagi dalam 4 (empat) Tim yang dikoordinir oleh Asisten dan Staf Ahli Bupati.

Ia kemudian merinci bahwa kunjungan koordinasi ini dilakukan Tim I oleh Asisten Pemerintahan Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos MSi didampingi Kadis Kominfo Drs Akmal AP MSi ke Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat.

” Di Kabupaten Karo, kami diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kabag Pemerintahan Setdakab Karo, Caprilus Barus S.Sos MSi dan Djoko Sujarwanto S.Sos MSi. Demikian juga pada saat kunjungan di Dairi juga ditetima oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kabag Pemerintahan Setdakab Dairi, Drs Jhonny Hutasoit M.Si dan Juliawan Rajagukguk S.STP M.Si. Hal yang sama di Kabupaten Pakpak Bharat, Tim disambut oleh Plt Asisten Tata Pemerintah dan Kabag Pemerintahan Setdakab Pakpak Bharat Petrus Saragih S.Sos MSi dan Robincen Habeahan S.Sos M.Si,” terang Akmal.

Dalam setiap kunjungan koordinasi tersebut Asisten Pemerintahan Setdakab Sergai Nina Deliana Hutabarat menyampaikan tentang rencana Kerjasama yang diikat dengan MoU berisi peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah, antara lain kerjasama bidang ketahanan pangan, pertanian dan peternakan yaitu investasi penggemukan sapi, limbah ubi kayu dan limbah sawit. Selain itu dibahas juga tentang Kerjasama bidang pariwisata yang bisa dikembangkan pada masing-masing pemerintah daerah.

” Kunjungan koordinasi ini mendapat sambutan baik di setiap kabupaten yang dikunjungi dan akan bersinergi untuk menjalin kerjasama yang dituangkan dalam MoU serta akan ditandatangani bersama saat pelaksanaan Rakorwil Apkasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat pada tanggal 19 Mei 2022,” cetus Kadis Kominfo.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Tim II yang dikoordinir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Nasrul Aziz Siregar yang melakukan kunjungan koordinasi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Tim III dikoordinir oleh Staf Ahli Bupati, dr. Bulan Simanungkalit M.Kes di Kabupaten Samosir, dan Tim IV dikoordinir oleh Ir. Hj. Prihatinah M.Si yang melakukan kunjungan di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kunjungan koordinasi tersebut mendapat sambutan positif, bahkan Bupati Samosir mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati H. Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.Si, atas Kerjasama melalui MoU kedua belah pihak.

“Tim Diterima Bupati Samosir Bapak Vandiko, beliau titip salam dan sangat mengapresiasi aksi yg kita tawarkan berupa; hotel lembu, pakan penggemukan lembu, telur, beras, dan menurut Bupati Samosir  kebutuhan masyarakat 50 % dari luar, harapan Bupati tidak hanya sampai MoU tetapi lanjut PKS,” demikian kata dr. Bulan Simanungkalit melaporkan.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya selaku Koordinator Apkasi Wilayah Sumut, dalam berbagai kesempatan berharap agar gelaran Rakorwil Apkasi se Sumut nanti dapat berlangsung dengan sukses dan ke-25 Bupati se-Sumut dapat hadir melaksanakan rapat koordinasi yang pada akhirnya dapat menandatangani Kerjasama Antar Daerah yang diikat dengan MoU demi peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah masing-masing,” pungkas Kadis Kominfo Akmal. (Media Center Sergai).

Teks/ Editor : Rini Ry

Admin : Julia

352 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *