Esok, Rakorwil APKASI Dihelat di Sergai

Sei Rampah,

            Esok, Kamis (19/5/2022) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk Wilayah Sumatera Utara (Sumut) bertempat di Gedung Baru Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

            Kegiatan ini mengusung tema “ Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerntah Daerah”. Bupati Sergai H Darma Wijaya selaku Koordinator APKASI Wilayah Sumut, tentu ingin memberikan yang terbaik kepada seluruh tamu kehormatan yang akan bertandang ke Tanah Bertuah Negeri Beradat.

            Hingga hari ini, Rabu (18/5/2022) terpantau oleh Tim Ini Sergai Loh (ISL) bahwa berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh Pemkab Sergai. Tampak baliho sudah dipersiapkan, tenda di pojok kiri gedung baru juga sudah dipersiapkan. Untuk mematangkan persiapan ini, tentu hal ini butuh kerjasama dan sinergitas seluruh Perangkat Daerah demi mnyukseskan gelaran ini.

            Cukup menarik pada perhelatan ini nantinya, karena Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat akan kedatangan 24 orang Kepala Daerah se-Sumut yang akan turut serta melaksanakan Rakorwil.

            Apalagi, kabarnya besok Rakorwil itu akan dihadiri oleh Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga sebagai Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Selain itu nantinya hadir juga Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan pastinya masih banyak undangan lainnya.

            Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si disela-sela peninjauan lokasi khususnya untuk penempatan baliho dan proses kerja peliputan dan pendokumentasian acara, menyampaikan jika besok selain Rakorwil juga akan dilakukan penandatanganan Kerjasama (MoU) antar kabupaten yang berisi tentang peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah.

            “ Kerjasama ini antara lain kerjasama bidang ketahanan pangan, pertanian dan peternakan yaitu investasi penggemukan sapi, limbah ubi kayu dan limbah sawit. Selain itu dibahas juga tentang Kerjasama bidang pariwisata yang bisa dikembangkan pada masing-masing pemerintah daerah,” sebutnya.

            Ia menambahkan, selain penandatangan MoU, akan dilaksanakan seminar yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni dan Direktur Metrologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Matheus Hendro Purnomo. Selanjutnya akan ada diskusi isu-isu strategis terkait permasalahan dalam pelaksanaan otonomi daerah, Penyampaian Program Kerja APKASI oleh Direktur Eksekutif APKASI, Sarma Simanjorang dan Penyampaian Hasil Rakorwil oleh Sekjend APKASI, Adnan Purichta Ichsan, SH, MH.

            Masi kata Akmal, pada minggu lalu, atas instruksi Bupati Sergai beberapa Perangkat Daerah maupun Pejabat terkait melakukan koordinasi untuk kerjasama dan penjajakan di beberapa wilayah kabupaten se-Sumut.

            “ Kunjungan koordinasi kemarin itu dilakukan terbagi dalam 4 (empat) Tim yang dikoordinir oleh Asisten dan Staf Ahli Bupati. Tim I oleh Asisten Pemerintahan Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos MSi didampingi Kadis Kominfo Drs Akmal AP MSi ke Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat. Tim II yang dikoordinir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Nasrul Aziz Siregar yang melakukan kunjungan koordinasi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Tim III dikoordinir oleh Staf Ahli Bupati, dr. Bulan Simanungkalit M.Kes di Kabupaten Samosir, dan Tim IV dikoordinir oleh Ir. Hj. Prihatinah M.Si yang melakukan kunjungan di Kabupaten Labuhanbatu Utara,” terang Akmal.

            Sobal ISL, pasti ingin tahu kan Kepala Daerah yang akan menjajakan kakinya di Sergai besok. Yuk kita cari tahu siapa saja.

  1. Bupati Deli Serdang (H. Ashari Tambunan)
  2. Plt. Bupati Langkat (H. Syah Afandin)
  3. Bupati Karo (Cory S Sebayang)
  4. Bupati Batu Bara (H. Zahir)
  5. Bupati Asahan (H. Surya)
  6. Bupati Labuhan Batu (Erik Adtrada Ritonga)
  7. Bupati Labuhan Batu Utara (Hendriyanto Sitorus)
  8. Bupati Labuhan Batu Selatan (H. Edimin)
  9. Plt. Bupati Padang Lawas (Ahmad Zarnawi Pasaribu)
  10. Bupati Padang Lawas Utara (Andar Amin Harahap)
  11. Bupati Simalungun (Radiapoh Hasiholan Sinaga)
  12. Bupati Samosir (Vandiko T Gultom)
  13. Bupati Toba (Poltak Sitorus)
  14. Bupati Tapanuli Utara (Nikson Nababan)
  15. Bupati Humbang Hasundutan (Dosmar Banjarnahor)
  16. Bupati Dairi (Eddy K. A Berutu)
  17. Bupati Pakpak Bharat (Franc Bernhard Tumanggor)
  18. Bupati Tapanuli Tengah (Bakhtiar A. Sibarani)
  19. Bupati Tapanuli Selatan (Dolly Putra Parlindungan Pasaribu)
  20. Bupati Mandailing Natal (H. Muhammad Jafar Sukhairi Nst)
  21. Bupati Nias (Yaatulo Gulo)
  22. Bupati Nias Barat (Khenoki Waruwu)
  23. Bupati Nias Uara (Amizaro Waruwu)
  24. Bupati Nias Selatan (Hilarius Duha)

            Yupz…sobat ISL, itulah nama2 Kepala Daerah yang akan hadir esok di Kabupaten Sergai. Sebagai masyarakat kita tentu berharap agar pertemuan ini berdampak baik pada peningkatan perekonomian maupun kemajuan kabupaten yang kita cintai ini. (Berbagai Sumber/ISL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *