Ikuti Rakorwil, 24 Kepala Daerah se-Sumut Sambangi Sergai

 

Hari ini, Kamis (19/5/2022) bertempat di Gedung Baru Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), sebanyak 24 (dua puluh empat) Kepala Daerah menyambangi Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk Wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Bagi sobat ISL yang kebetulan lewat Kantor Bupati baik dari arah Tebing Tinggi maupun akan menuju ke Medan, pasti melihat kemeriahan di sini. Suasana begitu asri dan tentunya meriah dengan kehadiran tamu-tamu undangan dari berbagai kabupaten se-Sumut.

Di sekitar lokasi, tertata dengan rapi terdapat beberapa baliho, spanduk dan umbul-umbul yang bertuliskan tentang tema kegiatan “ Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerntah Daerah”. Kehadiran baliho-baliho dan umbul-umbul ini menambah daya tarik bagi para tamu undangan sehingga dijadikan seperti background foto untuk diabadikan.

Pada pagi hari, suasana sudah tampak ramai. Banyak mobil dinas yang membawa para pejabat daerah hilir mudik memasuki komplek perkantoran Sergai. Para tamu yang datang disambut hangat oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya selau Koordinator APKASI Wilayah Sumut bersama jajaran Pemkab Sergai.

Kegiatan diawali dengan sarapan bersama para Kepala Daerah di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai. Kemudian acara berlanjut menuju Gedung Baru Kantor Bupati Sergai untuk melakukan penandatangan Kerjasama (MoU) antar kabupaten yang berisi tentang peningkatan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah. Kerjasama ini antara lain kerjasama bidang ketahanan pangan, pertanian dan peternakan yaitu investasi penggemukan sapi, limbah ubi kayu dan limbah sawit. Selain itu dibahas juga tentang Kerjasama bidang pariwisata yang bisa dikembangkan pada masing-masing pemerintah daerah.

Para petugas peliput/pendokumentasian acara maupun awak media juga hilir mudik untuk mengambil moment-moment yang dianggap penting. Setiap Kepala Daerah yang hadir mengikutsertakan petugas peliputnya. Maka bisa dinayangkan berapa banyak peliput yang hadir di kegiatan ini.

Dalam kegiatan tersebut, usai Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan sambutannya, disusul dengan beberapa pejabat diantaranya Ketua Umum APKASI Bupati Bharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs H Mhd Fitriyus, SH, M.SP serta hadir juga Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasutio, SE, MM yang turut memberikan sambutan.

Usai pembukaan acara, dilaksanakan seminar yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni dan Direktur Metrologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Matheus Hendro Purnomo. Selanjutnya akan ada diskusi isu-isu strategis terkait permasalahan dalam pelaksanaan otonomi daerah, Penyampaian Program Kerja APKASI oleh Direktur Eksekutif APKASI, Sarma Simanjorang dan Penyampaian Hasil Rakorwil oleh Sekjend APKASI, Adnan Purichta Ichsan, SH, MH.

Cuma ngingetin lagi buat sobal ISL siapa-siapa saja Kepala Daerah yang hadir ;

1. Bupati Deli Serdang (H. Ashari Tambunan)

2. Plt. Bupati Langkat (H. Syah Afandin)

3. Bupati Karo (Cory S Sebayang)

4. Bupati Batu Bara (H. Zahir)

5. Bupati Asahan (H. Surya)

6. Bupati Labuhan Batu (Erik Adtrada Ritonga)

7. Bupati Labuhan Batu Utara (Hendriyanto Sitorus)

8. Bupati Labuhan Batu Selatan (H. Edimin)

9. Plt. Bupati Padang Lawas (Ahmad Zarnawi Pasaribu)

10. Bupati Padang Lawas Utara (Andar Amin Harahap)

11. Bupati Simalungun (Radiapoh Hasiholan Sinaga)

12. Bupati Samosir (Vandiko T Gultom)

13. Bupati Toba (Poltak Sitorus)

14. Bupati Tapanuli Utara (Nikson Nababan)

15. Bupati Humbang Hasundutan (Dosmar Banjarnahor)

16. Bupati Dairi (Eddy K. A Berutu)

17. Bupati Pakpak Bharat (Franc Bernhard Tumanggor)

18. Bupati Tapanuli Tengah (Bakhtiar A. Sibarani)

19. Bupati Tapanuli Selatan (Dolly Putra Parlindungan Pasaribu)

20. Bupati Mandailing Natal (H. Muhammad Jafar Sukhairi Nst)

21. Bupati Nias (Yaatulo Gulo)

22. Bupati Nias Barat (Khenoki Waruwu)

23. Bupati Nias Uara (Amizaro Waruwu)

24. Bupati Nias Selatan (Hilarius Duha)

Namun diantara nama-nama Kepala Daerah tersebut, terdapat beberapa yang diwakilkan oleh Wakil Bupati ataupun Sekda/Asisten, kemungkinan ada hal penting yang tidak dapat ditinggalkannya. Semoga Rakorwil ini bermanfaat bagi kita masyarakat Sergai agar selalu bisa mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. (Berbagai Sumber/ISL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *