Pemkab Sergai Gelar Upacara Harkitnas 2022

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2022 yang dihelat di Lapangan Apel Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (20/5/2022) pagi.

Di kesempatan ini, Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara Harkitnas kali ini, Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate.

Dalam sambutan tertulis tersebut, Sekdakab menyebut tema tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Harkitnas sebagai bentuk seruan agar seluruh pihak bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Harkitnas ini, katanya, hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

Masih lanjutnya, di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil maka patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“ Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menampakkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan,” sebutnya.

Sekdakab lanjut membacakan, penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

“ Dari sisi produksi, tiga lapangan usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan 15,79%, sektor jasa-jasa lain 8,29%, dan sektor informasi dan komunikasi 7,14%. Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” tambahnya.

Momentum yang baik ini, lanjutnya lagi, makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

“ Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah untuk memperingati Harkitnas tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!” tandasnya.

Upacara ini diikuti oleh unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag, Camat, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemkab Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

448 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *