Terima Audiensi PT. Solarion Energi Alam, Bupati Sergai Dukung Program Hemat Energi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Selasa (24/5/2022) menerima kunjungan audiensi PT Solarion Energi Alam di Ruang Rapat Wabup Sergai, Komplek Kantor Bupati Sergai Sei Rampah.

Disampaikan oleh Staf Ahli Pemasaran PT. Solarion Energi Alam, Galih, mengatakan bahwa dengan berbagai produk pilihan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan, tentu akan sangat menguntungkan. Selain energi terbarukan dan perawatan murah, alat yang dipasang berupa panel surya juga tidak memakan tempat khusus, cukup dipasang di roof top bangunan OPD masing masing, katanya sembari menambahkan jika panel surya yang dipasang juga ramah lingkungan, terbarukan, aman dan hemat.

Ia yang hadir mendampingi Deputi PT.Solarion Energy Jakarta, Krisman, Marketing Execitif Solarion, Nora, menambahkan jika hingga saat ini sudah banyak pihak yang sudah sampai pada tahap proses agreement dengan perusahaannya, diantaranya beberapa Kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) serta swasta seperti perhotelan di Bali dan Jakarta juga sudah pada tahap agreement.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya mendukung upaya penghematan energi terbarukan di lingkungan Pemkab Sergai.

Menurutnya, pemerintah harus menjadi contoh bagi masyarakat. Ia pun berpendapat jika energi adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Oleh karenanya, energi yang ada harus dapat dipergunakan secara hemat dan efektif sehingga tidak boros dan menambah pengeluaran.

“ Energi juga biayanya sangat mahal, sebut saja energi listrik, unit produksi, infrastruktur mulai hulu sampai hilir sangat mahal. Begitu juga dengan perawatannya hingga sampai kepada masyarakat juga masih mahal meski pemerintah sudah menyubsidi. Bila energi yang mahal itu pun masih digunakan secara boros dan tidak efektif, maka akan berdampak kerugian besar bagi negara ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa belanja listrik diseluruh OPD Sergai masih bisa dihemat dengan perubahan prilaku dan sistem terbarukan. Kami berharap hadirnya PT. Solarion Energi Alam bisa memberikan pilot percontohan terlebih dahulu. Kedepannya akan memungkinkan dibahas lebih banyak lagi, pungkasnya.

Senada dengan Bupati Sergai, Kabag Kerjasama Setdakab Torangto Situmorang menyampaikan hal serupa bahwa pemerintah sudah seharusnya mendukung program penghematan energi. Energi yang boros akan merugikan negara yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat juga, ujarnya.

Begitupun dengan Kadis Perkim, Sofyan Suri menyebut bahwa apa yang sudah dibicarakan hari ini, akan segera ditindaklanjuti lewat perintah Bupati serta mempermudah proses agreement dimaksud sehingga secepatnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat akan melakukan penghematan energi, katanya. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Rini Ry

Reporter : BJB2029

Admin : Julia

94 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *