Sei Belutu, Desa Mayoritas Batak di Tanah Melayu

Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, merupakan bagian dari Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Desa ini daerah yang amat subur, kondisi tanahnya yang demikian rata dan berawa sangat memungkinkan untuk diolah menjadi lahan pertanian untuk persawahan. Awalnya Desa Sei Belutu ini merupakan daerah yang hanya ditumbuhi oleh tanaman rambung dan masih tidak ada perumahan. Tetapi pada tahun 1950-an orang-orang satu persatu datang ke Desa ini dan membangun sebuah perumahan dimana pertama kalinya Desa Sei Belutu ini di kepalai oleh seorang Kepala Desa beretnis Jawa. Ia menduduki Kepala Desa selama 8 (delapan) tahun lamanya, sampai dengan lamanya ia menjadi Kepala Desa sudah banyak perumahan yang dibangun dengan memiliki 5 (lima) Dusun yang dihuni sebanyak 189 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk sebanyak 2.256 jiwa.

Pada tahun 1958 Kepala Desa digantikan oleh salah satu masyarakat yang beretnis Batak Toba yang bernama J. Parhusip. J. Parhusip ini menjadi Kepala Desa selama 5 tahun lamanya dan ketika beliau menjadi Kepala Desa di Desa Sei Belutu ini perumahan sudah makin banyak dan sudah memiliki 8 Dusun yang dihuni sebanyak 325 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk sebanyak 4.568 jiwa. Setelah 5 tahun lamanya Parhusip menjabat di Desa Sei Belutu ini, ia kemudian digantikan oleh M. Sinaga dimana dirinya menduduki jabatan sebagai Kepala Desa paling lama.  Setelah M. Sinaga wafat dia digantikan oleh anaknya sendiri yang bermana R. Sinaga. R. Sinaga hanya menduduki jabatan selama 5 tahun lamanya karena beliau meninggal dunia. Akhirnya jabatan kepala desa digantikan oleh B. Manurung yang dipilih langsung oleh masyarakat Desa Sei Belutu sampai dengan saat ini.

Letak Geografis dan Iklim Desa Sei Belutu memiliki letak geografis sebagai berikut:

  • Sebelah Utara Berbatasan: Desa Gempolan
  • Sebelah Barat Berbatasan: Desa Malasori (Kecamatan Dolok Masihul)
  • Sebelah Selatan Berbatasan : PTPN IV Rambutan
  • Sebelah Timur Berbatasan : PTPN III Rambutan Daerah Desa Sei Belutu memiliki iklim tropis dimana cuaca desa ini sangat panas karena daerah ini dekat dengan daerah pantai yaitu Pantai Kelang. Desa Sei Belutu memilki luas lahan pertanian sebanyak 1200 Ha dengan memiliki luas wilayah 1250 Ha dengan 50 Ha perumahan.

Desa Sei Belutu memiliki pemukiman yang baik dan nyaman yaitu setiap masyarakat sudah memiliki tempat tinggal yang layak untuk mereka huni. Mereka memiliki rumah yang sudah beton ataupun sudah memiliki rumah keramik. Desa Sei Belutu memiliki jarak yang jauh antara perumahan dengan persawahan. Di Desa Sei Belutu persawahan sudah semakin sedikit karena sudah banyak persawahan dibuat menjadi perumahan. Artinya adanya peralihan lahan yang ada pada Desa Sei Belutu ini yaitu dari lahan pertanian menjadi lahan perumahan Desa Sei Belutu juga sudah menjadi jalan besar dan jalannya sudah diaspal oleh karena itu sudah banyak mobil-mobil besar yang lalu-lalang ke desa ini.

Desa Sei Belutu penduduknya mayoritas beretnis Batak Toba oleh karena itu bahasa yang digunakan oleh masyarakat Desa Sei Belutu ini dalam sehari-harinya adalah bahasa Batak Toba. Walaupun ada sebagian masyarakatnya yang beretnis Jawa maupun Mandailing. tetapi mereka tetap menggunakan bahasa Batak Toba sebagai bahasa mereka untuk berkomunikasi itu dikarenakan mereka sudah terbiasa dekat dengan orang-orang etnis Batak Toba sehingga meraka pun paham dan mengerti menggunakan bahasa Batak Toba. (Berbagai sumber / ISL).

2.466 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *