Mie Sop Di Sergai Enak Kali Loh, Cobalah!

Woi, jangan ngaku orang Serdang Bedagai (Sergai) kalau belum tahu lokasi kuliner “ Mi Sop” ya. Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tak hanya terkenal dengan wisata baharinya saja, akan tetapi banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah negeri Beradat ini. Salah satunya adalah pengembangan usaha kuliner.

Salah satu kuliner yang endul (enak red) dan digandrungi hampir disemua kalangan adalah “ Mie Sop “. Semuaa orang Sumatera Utara (Sumut) pasti sangat familiar dengan kudapan yang satu ini.

Berdasarkan pantauan Tim Ini Sergai Loh (ISL) di lokasi Kecamatan Teluk Mengkudu dan dan Sei Rampah banyak yang menjual kuliner Mie Sop. Sepanjang Jalan Lintas Sumatera (jalinsum) tbisa kita lihat warung-warung yang menjual kuliner ini. Belum lagi yang ada di desa-desa hingga ke pelosok dusun, pastinya banyak masyarakat yang menjajal peruntungan dengan berdagang Kuliner Mie Sop.

Sebut saja di Kecamatan Sei Rampah, beragam mie sop dengan sebutan “Mie Sop Bacok” dapat kita temui dimana saja. Rasanya yang  sangat menggugah selera dengan perpaduan mie disiram  dengan kuah kaldu ayam beraroma khas dengan rasa bumbu yang berasa. Kemudian dilengkapi dengan potongan ayam yang dibacok, taburan bawang goreng dan seledri serta kerupuk merah putih.

Cita rasa kuah kaldunya yang gurih panas saat dihidangkan tentu akan sangat nikmat sekali. Waouuuw, membayangkannya saja sudah membuat lidah menggoyang dan air lir menetes.

Bagi warga Sei Rampah tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner Mie Sop Bacok Mas Eet. Lokasinya yang cukup strategis yaitu di Jalinsum Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah tentu akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin mampir ke warung milik Mas Eet.

Di Sergai, dari berbagai kalangan pernah mencicipi hidangan yang lezat nan gurih ini. Bahkan Mie Sop milik Mas Eet kerap menjadi salah satu menu andalan saat acara-acara yang digelar oleh para masyarakat maupun pejabat.

Jika sudah mampir di warung Mie Sop Mas Eet, tak hanya cukup menikmati semangkuk mie nya saja. Akan tetapi konsumen wajib mencicipi lezatnya sate kerang, telur puyuh maupun ati ampela nya. Harganya juga gak bikin kantong bolong dan tentunya sangat sepadan dengan cita rasanya.

Lenti Warga Firdaus Kecamatan Sei Rampah merupakan salah satu penggemar kuliner Mie Sop Bacok Mas Eet.

“ Suka sekali, kuahnya yang gurih ditaburi bawang goreng dan gak pelit dengan suwiran ayam yang dibacok-bacok cukup melimpah,’ kata Lenti.

Masih dikatakan Lenti, selain  Mie Sop Bacok Mas Eet, di lokais Sei Rampah ini masih banyak lagi mie sop lainnya yang juga lezat dan menggugah selera yang jika dihitung jumlahnya pasti banyak.

“ Di lokasi Simpang Pasar Rodi, ada juga mie sop yang enak. Biasanya orang menyebutnya dengan sebutan Mie Sop Goyang. Lucu juga namanya ya. Julukan itu disematkan karena lokasi warung yang terletak persis di samping rel kereta api. Jadi, ketika kereta api lewat warung tersebut akan bergetar alias seperti bergoyang,” ujar Lenti sembari tertawa.

 

Begitupun dengan Suci, warga Kecamatan Teluk Mengkudu. Perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini juga penggemar makanan pedas seperti mie sop.

“ Banyak juga mie sop yang enak di sekitaran Kecamatan Teluk Mengkudu. Salah satunya di jalan menuju ke arah Pantai Sialang Buah. Tepat di perkebunan kelapa sawit ada yang jual mie sop. Orang menyebutnya dengan Warung Mie Sop bawah pohon sawit,” kata Uci.

Tak hanya mie sop saja yang bisa dinikmati di sana. Terdapat juga mie ayam, es campur, kolak dingin dan aneka sate. Rasanya tidak diragukan lagi deh, pungkas Suci.

Nah, bagi kalian yang penasaran yuk kita datangi tempatnya, terus kita beli dan kita makan-makan di sana ya. Pastinya bukan hanya di Sei Rampah maupun di Teluk Mengkudu saja yang banyak kuliner mie sop dijual oleh pedagang. Namun di kecamatan lainnya di Kabupaten Sergai pastinya banyak yang berjualan kuliner tersebut dan tentunya bukan Cuma enak ya tapi enak kali. Kalau kelen gak percaya, cak kelen jalan-jalan lah ke daerah-daerah di Sergai, dijamin pasti banyak. (Ini Sergai Loh).

421 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *