Gelar Audiensi, Bupati dan Wakil Bupati Sergai Terima APPSBI dan SMSI

Sei Rampah,

Komunikasi dengan berbagai kelompok terus dijalin oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP. Salah satu media yang dipakai keduanya untuk menciptakan sinergi dengan perwakilan masyarakat, baik individu maupun organisasi, adalah lewat audiensi.

Seperti yang berlangsung pada hari ini, Selasa (7/6/2022), saat Bupati Sergai menerima audiensi dari Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) dan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (7/6/2022).

Dalam kesempatan pertama bertemu dengan pengurus APPSBI, Bupati Sergai mengapresiasi rencana menjadikan Kabupaten Sergai sebagai lokasi pelaksanaan Festival Pencak Silat Budaya Indonesia Sumatera Utara yang akan dihelat mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Juni 2022.

Bupati yang terkenal dengan panggilan Bang Wiwiek ini mengatakan pelestarian budaya merupakan salah satu tanda majunya sebuah daerah.

“ Saya merasa sangat senang dengan penyelenggaraan kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan. Selain bertujuan untuk melestarikan budaya, kesempatan ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat pada ajang besar,” ucap Bang Wiwiek.

Di kesempatan ini, Bupati Sergai juga menginformasikan jika saat ini pihaknya sedang gencar mempromosikan objek wisata arung jeram atau rafting yang terletak di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

“ Sergai memang sudah dikenal sebagai daerah dengan destinasi pantai yang berjejer. Tapi Sergai bukan hanya sekadar pantai, di sini juga terdapat lokasi wisata arung jeram yang sangat menarik bagi wisatawan. Bahkan Desa Buluh Duri masuk dalam 50 besar Desa Wisata nasional versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” katanya.

Sebelumnya Ketua APPSBI Sergai, Irwan, menyebutkan Festival Pencak Silat Budaya Indonesia ini direncanakan akan dihelat di Replika Sultan Serdang, Pegajahan. Irwan menuturkan, ajang ini tidak hanya diikuti atlet lokal saja namun juga diramaikan juga peserta dari Brunei Darussalam dan Singapura.

“ Ini adalah pelaksanaan pertama dan kami berharap besar Bapak Bupati Sergai dapat hadir dalam acara pembukaan di tanggal 17 Juni. Tidak hanya lokasi, penyelenggaraan ini juga melibatkan Sergai dari segi UMKM. Mudah-mudahan lewat festival ini, produk UMKM Sergai, terutama kuliner, dapat dipromosikan,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua APPSBI Sumut M Syahrul Albantani menjelaskan jika organisasinya memiliki misi mengayomi, membina, dan melayani perguruan Pencak Silat se-Indonesia.

“ Untuk ajang nasional, akan diadakan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas). Tahun ini, Fornas akan dihelat di Palembang, Sumatra Selatan,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kadis Poraparbud Sergai Drs. Zulfikar, Ketua I APPSBI Sumut Ismarnotho Ismail beserta jajaran, serta Wakil Ketua APPSBI Sergai Muhammad Tamlih Nasution.

Bupati dan Wabup Sergai Terima Audensi SMSI Sumut

Di kesempatan audiensi berikutnya, Bupati dan Wakil Bupati Sergai menerima kunjungan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Sergai mengatakan, peran media dalam proses pembangunan, khususnya di Sergai, sangat terasa. Selain menjadi media promosi potensi kabupaten, media massa terutama media siber juga berperan besar dalam mempublikasikan kerja pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkab Sergai.

Bang Wiwiek juga menyambut baik agenda pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Sergai yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu ini (11/6) ini. Apalagi momen tersebut dirangkaikan dengan kegiatan rafting di Sungai Bah Bolon, Desa Buluh Duri.

“ Objek wisata arung jeram di Buluh Duri sudah mendapat apresiasi tingkat nasional, dibuktikan dengan masuknya arung jeram tersebut dalam 50 Desa Wisata nasional. Kesempatan ini juga menjadi momentum baik bagi promosi potensi wisata di Kabupaten Sergai,” katanya.

Ketua SMSI SUMUT Zulfikar Tanjung menyampaikan harap agar organisasinya dapat menjalin kerja sama sinergis dengan Pemkab Sergai.

“ Pers adalah salah satu pilar pembangunan sebuah daerah. Semoga dengan terbentuknya kepengurusan SMSI Sergai ini, kerja sama yang baik antara media dan pemerintah bisa berjalan semakin erat dan produktif,” ucap Zulfikar.

Audiensi ini dihadiri pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana Hutabarat, S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, calon ketua SMSI Sergai Juhari beserta jajaran. (Medi Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Bropejs / Irfan YE

Admin : Julia

616 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *