Peninggalan Sejarah Dan Budaya  Di Sergai

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan kabupaten yang memiliki ragam objek wisata dan daya tarik yang bisa dinikmati, seperti wisata sejarah dan religi. Salah satu objek wisata sejarah dan religi yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat adalah peninggalan bersejarah yang sampai saat ini masih di geluti masyarakat yaitu Sumur Keramat/tua yang berada di kawasan objek wisata Pantai Klang Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan. Letaknya pun yang tak jauh dari kawasan wisata pantainya dan hanya berjarak 15 meter. Bisa di tempuh dengan hanya berjalan kaki. Sumur Keramat ini merupakan bagian dari wisata Pantai Klang yang masih berbau mistis.

Konon katanya, sumur keramat ini merupakan buatan Raja Sisingamangaraja. Sumur Keramat ini mampu membaut sebagian pengunjung merinding, sebab di sekitar Sumur Keramat ada pohon beringin yang akarnya menjuntai, tapi bukan berarti seperti yang ada di film horor loh, jadi gak usa takut ya sobat Ini Sergai Loh (ISL).

Dilansir dari travelingmedan.com, Ahli waris Sumur Keramat yang juga penduduk setempat Sei Nagalawan  adalah Bapak Abdullah Sinambela. Menurutnya, Sumur Keramat yang berada di Pantai Klang ini berisikan air tawar apabila diminum akan terasa menyegarkan. Jika di pikir secara logika seharusnya air itu terasa asin bukan, karena berada dekat dengan kawasan wisata pantai atau air yang berasal dari laut. Air tawar yang ada di Sumur Keramat ini hanya bisa di ambil dengan gayung/batok kelapa dan memiliki khasiat tertentu. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang berdatangan tak hanya menikmati pemandangan pantainya saja tapi juga karena ingin melihat dan merasakan air tawar yang ada di sumur keramat.

Selain Sumur Keramat ada juga loh peninggalan bersejarah lainnya seperti Keramat Tempayan yang berada di Desa Batang Terap Kecamatan Perbaungan. Keramat Tempayan ini merupakan milik keluarga Saiful. Bagi keluarga Syaiful Keramat Tempayan sangat berjasa. Jika ada keluarga yang sakit, maka diambil air yang sebelumnya dilakukan doa meminta kesembuhan. Jika air yang ada ditempayan melimpah maka yang sakit tersebut akan sembuh dan mendapatkan rezeki yang melimpah juga, sedangkan jika air di tempayan  sedikit tidak ada atau sedikit maka akan seret rezeki.

Tak hanya itu sejarah di Tanah Bertuah loh Sobat ISL. Ada juga  yang namanya Makam Datuk Jabut yang berada di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin. Masyarakat sekitar menganggap makam ini sebagai makam keramat karena semasa hidupnya Datuk Jabut ini orang baik dan bisa mengobati berbagai penyakit. Sampai sekarang dimakam Datuk Jabut ini masih banyak orang yang datang untuk bernazar.

Konon Datuk Jabut ini seorang keturunan dari Aceh dan merantau ke daerah Pantai Cermin. Menurut pembersih makam,  batu yang terdapat di dalam makam sebagai penanda letak kepala semakin hari semakin membesar. Pembersih makam juga tidak mengetahui pasti mengapa hal itu terjadi. Di sekitar Makam Datuk Jabut ini ada penyematan kain kuning pada makam dikarenakan masyarakat sekitar banyak suku melayu. Warna kuning merupakan warna khas bagi orang Melayu.

Itulah sedikit ulasan yang bisa mimin jelaskan, sekarang kita tahu bahwa di Sergai selain banyak ragam tempat wisata juga banyak ragam budaya dan peninggalan sejarah. Mari kita lestarikan peninggalan bersejarah yang sudah ada jangan sampai hilang, dan jadikan ini pengetahuan untuk penerus kita kelak sebagai pewaris sejarah. (Berbagai sumber / ISL)

2.886 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *