Pemkab Sergai Studi Tiru E-Voting Pemilihan Kepala Desa ke Pemkab Bogor

Semakin banyaknya Desa yang telah melaksanakan sistem pemilihan kepala desa elektronik E-Voting Kepala Desa menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan melakukan studi tiru ke Pemkab Bogor yang sukses melaksankan e-voting di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng  dan Desa Tegal Waru  Kec. Ciampea 2017 dan 2018  silam.

Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya melalui Asisten Pemerintahan  Kabupaten Sergai Nina Deliana , S. Sos, M. Si didampingi Kadis Kominfo Drs H Akmal AP M.Si, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos M.Si, Kabag Hukum Abdul Hakim Sori Muda Harahap, SH, 16 Camat dan puluhan Kepala Desa datang langsung ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD  Kabupaten Bogor di Jl.  KSR Dadi Kusmayadi Cibinong Bogor Jawa Barat Senin 20 Juni 2022.

Asisten dan rombongan disambut langsung Kepala Dinas PMD Kab.Bogor Renaldi Yushab Fiansyah, S.Sos dan para kepala bidang. Dalam sambutannya Renaldi mengucapkan terimkasih dan bangganya telah dikunjungi saudara dari jauh Serdang Bedagai  Sumatera Utara. Renaldi berharap kiranya dalam  kunjungan studi tiru kali ini dirinya bisa banyak membantu sehingga pemerintah kabupaten Sergai juga bisa melaksanakan e-voting pemilihan kepala desa.

 

Renaldi menjelaskan pihaknya telah melaksakan e-voting Kepala Desa dimulai tahun2017 silam di Desa Bababakan Kec. Ciseeng. Menurutnya ada beberapa kelebihn dari e-voting kepala desa yang mereka laksanakan, diantaranya mudah, cepat dan akuntabel.

Dalam sesi tanya jawab sejumlah kepala desa aktif menanya terkait teknis pelaksanaan hingga kemungkinan apa saja yang bisa terjadi jika e-voting kepala desa digelar.

Usai mendengar penjelasan mendetail dari  Renaldi, studi tiru dilanjutkan dengan kunjungan ke salah satu desa yang cukup viral terkenal di Kec. Bojong Gede Kab Bogor yang telah mempunya stadion sepak bola sendiri yaitu Desa Cimanggis.

Nina berharap studi tiru yang dilaksanakannya bisa menjadi rujukan pelaksanaan evoting kepala desa di sergai serta mendapat inspirasi memajukan seluruh desa di serdang bedagai.

Senada dengan ibu asisten, kadis Kominfo dan kadis PMD juga berharap sergai mampu meniru kabupaten lain yang sudah sukses melakukn e-voting kepala desa. Menurutnya sudah saatnya teknologi jadi tulang punggung kemajun pembangunan.

Imbuhny lagi masyarakat sergai pada umumnya sudah melek teknologi, sehingga manakala e-voting pemilihan kepala desa ini digelar tampaknya tidak mengalami kendala. (Media Center Sergai)

Teks / Reporter : Jaini Purba

Admin : Julia

17 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *