Kunker DPRD Provinsi Sumut, Pemkab Sergai Sampaikan Aspirasi Pembangunan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menerima kunjungan kerja (kunker) pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) daerah pemilihan (dapil) IV di Kabupaten Sergai, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (21/6/2022).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekdakab, menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Pemkab Sergai merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumut sebagai penerima manfaat dari program/kegiatan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumut dan dana bagi hasil pajak daerah Pemerintah Provinsi Sumut.

Faisal Hasrimy menyebut beberapa OPD penerima manfaat dari program dan kegiatan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumut dan dana bagi hasil pajak daerah yaitu Dinas Pertanian, Dinas Perindag, Dinas Perkim, Dinas Perpusip, Dinas PUPR, Dinas Kanla, Dinas Sosial, Dinas Ketapang dan Dinas Kesehatan.

“ Rincian program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2021 akan disampaikan dalam bahan ekspose. Harapan kami pada tahun-tahun yang akan datang, program dan kegiatan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumut dan dana bagi hasil pajak daerah ini dapat lebih ditingkatkan guna mempercepat pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” sebutnya.

Usai menyampaikan sambutan Bupati, Sekdakab Faisal Hasrimy berpesan kepada para Kepala OPD untuk lebih aktif menjalin komunikasi dan sinergi dengan pihak Pemerintah Provinsi dan DPRD  Sumut.

“ Terutama kepada rekan-rekan di DPRD Provinsi Sumut, agar pihak OPD Pemkab Sergai jangan takut, jangan khawatir. Karena bagaimana pun, DPRD ingin memberikan bantuan dan dorongan untuk membangun daerah ini,” ungkap Faisal Hasrimy.

Di kesempatan ini, Sekdakab juga menceritakan upaya Pemkab Sergai dalam menanggulangi banjir yang jadi masalah rutin yang dihadapi setiap tahun.  Faisal menyebut, di tengah keterbatasan dan tantangan yang lumayan berat, Bupati Sergai berusaha mencari solusi alternatif lewat koordinasi dengan pihak perusahaan swasta yang beroperasi di Sergai.

“ Dari hasil koordinasi tersebut terkumpul sekian ratus juta dari dana CSR masing-masing perusahaan yang bergotong royong. Dana ini kemudian dipakai untuk melakukan normalisasi Sungai Belutu, Sei Rampah. Memang dana yang ada belum cukup untuk normalisasi secara kesuluruhan, namun itu jadi bukti jika Pak Bupati dan Wakil Bupati tidak hanya membantu warga dengan beras, mie instan, dan semacamnya, tapi beliau juga berusaha mencari solusi jangka panjang,” ungkapnya sembari menambahkan agar pihak DPRD Provinsi Sumut bisa ikut memberi bantuan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si terkait usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumut tahun 2023 yang sudah diinput dalam e-Musrenbang. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi antara Anggota DPRD Provinsi Sumut yang dikoordinatori oleh Drs. Misno Adisyah Putra, Ketua Kunker H. Azmi Yuli, SH, MSP, Wakil Ketua Ir. Loso, Sekretaris Delpin Barus, ST, dan Anggota Dimas Tri Adji, S.I.Kom.

Dalam kunjungan ini hadir pula pihak Pemerintah Provinsi Sumut yang dipimpin oleh Kadis Kesehatan Provinsi Sumut drg. Ismail Lubis, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan perwakilan OPD terkait. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Ardi

Editor : Rini Ry

Admin : Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *