Masuk 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, Desa Buluh Duri Dapat Kunjungan Tim Penilai ADWI 2022

Sipispis,

Terpilihnya Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, jadi salah satu dari 50 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merupakan kebangaan dan prestasi bagi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Sergai H. Darma Wijaya lewat Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Drs. Nasrul Aziz Siregar, ketika menerima kunjungan Tim Penilai ADWI 2022 di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Rabu (22/6/2022).

“ Bapak Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan sangat peduli terhadap pembangunan kawasan wisata di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Selama ini Sergai memang lebih dikenal dengan destinasi wisata bahari karena daerah ini memiliki garis pantai yang cukup panjang,” ungkap Nasrul Azis.

Namun meskipun begitu, Asisten Ekbang yang juga hadir bersama Staf Ahli Bupati Ir H Prihatina dan dr Bulan Simanungkalit, menyebut dengan terpilihnya Desa Buluh Duri ke dalam 50 besar ADWI 2022 maka ini jadi bukti jika pariwisata di Sergai bukan hanya soal pantai saja.

“ Masyarakat bisa menjajal wisata yang tak kalah seru dengan kegiatan arung jeram atau rafting di Sungai Bah Bolon yang mengaliri Desa Buluh Duri. Bukan hanya keseruan saat ngarung, pengunjung juga berkesempatan menyaksikan landscape alam yang begitu indah karena lokasinya yang masih asri, masih alami,” ucapnya lagi.

Sementara itu Tim Penilai ADWI 2022 yang berkunjung langsung ke Desa Buluh Duri, Sang Putu Subaya dan Yofie Kamale, sama-sama merasa optimis akan prospeknya menjadi desa wisata terbaik.

“ Kami menerima secara positif apa yang disajikan oleh Desa Buluh Duri. Kami kagum dengan panorama dan spot yang dilewati sepanjang jalur rafting,” ungkap Sang Putu.

Sebelum menjajal keseruan rafting di Sungai Bah Bolon, keduanya dijamu dengan kuliner khas daerah seperti pecal ulek, mie glosor, ombus-ombus, dan sebagainya. Selain itu mereka juga menyaksikan proses pembuatan ulos oleh pengerajin setempat.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Buduma, Budiman Purba pada momen ini juga ikut mendampingi Tim Penilai sembari mendeskripsikan sejarah dan detail keterangan terkait objek wisata di Desa Buluh Duri.

Hadir dalam kesempatan ini, OPD terkait, Kades beserta jajaran, Muspika Kecamatan Sipispis serta masyarakat sekitar. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *