Menuju ADWI, Pemkab Sergai –Tim Kreatif Menparekraf Gelar Rakor

Sipispis,

Setelah masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia Tahun 2022, Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis akan menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Kamis 23 Juni 2022 mendatang. Namun sebelum hari pelaksanaan tiba, terlebih dahulu Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Tim Kreatif Menparekraf, Selasa (21/6/2022) melakukan rapat koordinasi (rakor) yang membahas beberapa hal penting.

Tim Kreatif dari Menparekraf menyampaikan beberapa poin  penting yang akan menjadi penilaian oleh dewan juri dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Selain menyuguhkan beberapa sisi keunggulan, diharapkan juga Desa Buluh Duri ini mampu menonjolkan sesuatu yang dianggap layak dan berbeda dengan desa lainnya.

Pihak Tim Kreatif Menparekraf juga merinci beberapa poin yang menjadi penilaian diantaranya, daya tarik pengunjung, home staydigital kreatifsouvenir, toilet, penerapan CHSE yang mencakup Cleanliness (kebersihan), Healt (kesehatan), Safety (keamanan), environment sustainability (kelestarian lingkungan) dan kelembagaan desa.

Sementara Ketua Bumdes BUDUMA, Budiman dalam kesempatan itu mengungkapkan jika terdapat beberapa keunggulan tentang wisata olah raga arung jerang yang menjadi unggulan di Sei Bah Bolon Desa Buluh Duri ini.

“ terdapat beberapa titik (spot) saat berarung jeram yang akan kita temui seperti air terjun, grand canyon dan batu katak. Ini akan menjadi keseruan tersediri,” katanya.

Tak hanya itu, lanjutnya lagi, di Desa Buluh Duri ini terdapat beberapa makanan ciri khas seperti mie glosor, ombus-ombus khas Sipispis dan berbagai souvenir, kata Budiman sembari menambahkan jika pada penilaian ADWI ini pihaknya siap untuk berkoordinasi dengan seluruh pihak termasuk tim kreatif  guna mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal sehingga mendapat nilai yang terbaik.

 

Dikesempatan serupa, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, dr Bulan Simanungkalit dan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ir Prihatina mengatakan jika Pemkab Sergai melalui Desa Buluh Duri terus berupaya menonjolkan beberapa sisi keunggulan yang dimiliki saat ini. Perlu sinergitas dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak untuk memantapkan gelaran ini hingga kita bisa meraih penghargaan bergengsi ini.

Hadir juga dalam rakor, OPD terkait, jajaran Polres Tebing Tinggi, Kades beserta jajaran serta unsur lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *