Hj Rosmaida Harap Gerobak GPMB Dapat Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Sergai

Medan,

Upaya mewujudkan pemerataan informasi dan meningkatkan minat baca  di beberapa daerah, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Melalui Ketua TP PKK  yang juga Ketua Gerakan Pemberdayaan Minat Baca (GPMB) Sumut Ny Hj Nawal Edy Ramayadi, Kamis, (23/6/2022), bertempat di Hotel Aryaduta Medan, memberikan Gerobak Baca kepada Ketua GPMB Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya bersama empat daerah lainnya.

Dalam sambutannya Ny Nawal Edy Rahmayadi mengatakan bahwa pemberian gerobak baca ini sebagai upaya mewujudkan pemerataan informasi serta menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat terutama generasi muda bangsa. Hal ini karena buku memberikan banyak manfaat, urainya.

Lebih lanjut disampaikannya, selain menambah ilmu pengetahuan, dengan membaca kita dapat menemukan hal-hal yang baru. ” Semoga dengan adanya gerobak ini, minat baca di kalangan masyarakat dan cinta buku akan semakin meningkat sehingga akan terlahir generasi penerus yang kaya dengan ilmu pengetahuan,” kata Ketua GPMB Sumut.

Ia menyebut jika bantuan ini berasal dari dana corporate social responsibility (CSR) Bank Sumut. Oleh karenanya, Ny Nawal berharap agar gerobak baca ini memberikan semangat berliterasi.

” Kepada para Ketua GPMB yang menerima gerobak baca, diharapkan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Begitupun dengan koleksi buku-buku dan fasilitas lainnya, agar dapat ditambah sehingga dapat menarik minat baca masyarakat,” tutupnya.

Ketua GPMB Sergai Ny Hj Rosmaida yang hadir didampingi Kadis Perpusip Elinda Sitianur mengutarakan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Sergai khususnya para pelajar dalam meningkatkan minat bacanya.

” kita sadari saat ini era modern, semua serba canggih hingga masyarakat sudah terbiasa mendapat informasi melalui gadget tanpa harus mecarinya lewat buku. Akan tetapi, katanya lagi, dengan adanya gerobak GPMB yang dilengkapi dengan berbagai macam buku bacaan, tentunya akan lebih menarik minat masyarakat.

Semoga dengan adanya Gerobak Baca ini minat masyarakat khususnya pelajar akan meningkat. Dan yang terpenting adalah agar anak-anak kita tidak terpedaya dengan gadget lagi, pungkas Hj Rosmaida.

Dikesempatan serupa, Kadis Perpusip Sumut, Halen Purba menyampaikan tersedianya Gerobak Baca ini merupakan langkah pendekatan kepada masyarakat dan menjadikannya sebagai pusat literasi di lingkungan masyarakat hingga ke pelosok desa. Selain itu dapat mendorong generasi muda bisa berkembang serta meningkatkan SDM nya, tandasnya.

Selain Kabupaten Sergai, empat daerah lain juga menerima bantuan gerobak GPMB yaitu, Kabupaten Deli Serdang, Batubara, Tapanuli Utara dan Pakpak Barat.

Hadir juga dalam kegiatan, Kepala Pusat Analisis Perpusnas RI Adin Bondar serta para Ketua GPMB masing-masing daerah penerima bantuan. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : vhichan

15 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *