Pemkab Sergai-Taspen Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Dana Pensiun

Sei Rampah,

Jangan berpikir berurusan dengan Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) hanya saat pensiun saja, tetapi Taspen juga bisa menjadi mitra setiap ASN yang ingin membuka peluang di dunia usaha.

Pesan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat menerima audiensi pihak PT. Taspen (Persero) di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (21/7/2022).

Wabup berujar, ASN harusnya bisa meraih kesejahteraan tidak saja saat dia masih aktif, namun juga dapat melanjutkannya setelah masa baktinya usai. Adlin Tambunan juga mengapresiasi kerja sama yang ditawarkan oleh pihak Taspen untuk memberi dorongan lebih kepada ASN agar mengelola dana pensiunnya, salah satunya dengan masuk ke dunia usaha.

“Baik Taspen maupun Bank Sumut agar kedepannya dapat lebih rutin memberikan pelatihan ataupun referensi bagi para ASN untuk pengelolaan dana pensiunnya. Lewat pelatihan itu semoga para ASN dapat mengetahui minat dan bakat dalam konteks pengelolaan dana pensiun. Sehingga ketika masa bakti usai, seorang ASN tahu harus mengambil langkah apa selanjutnya,” ucap Adlin Tambunan.

Ia menyebut, sosialisasi persiapan pensiun akan lebih baik jika dimulai lebih dini. Dengan pemahaman yang baik, misalnya tentang dunia usaha, seorang ASN dapat lebih matang mempersiapkan rencana jangka panjang setelah memasuki masa pensiun.

Dirinya secara khusus memprioritaskan para guru, tenaga kesehatan, hingga tenaga kontrak, mendapat pelatihan terkait kecakapan dalam dunia usaha.

“Selama tidak bertentangan dengan etika dan aturan yang berlaku, ASN dan tenaga kontrak bisa mendapatkan penghasilan lebih di dunia usaha. Ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesejahteraannya,” pungkas Adlin.

Sebelumnya Branch Manager Kantor Cabang Utama Taspen Medan, Hadi Subagyo, menyampaikan jika pihaknya dan Bank Sumut ingin menawarkan kerja sama program dengan Pemkab Sergai. Ia memaparkan, kerja sama tersebut yaitu antara lain peningkatan program kesejahteraan bagi ASN, PPPK, dan Perangkat Desa. Kedua, percepatan layanan klaim dan penghargaan peserta. Ketiga, program wirausaha untuk PNS/Pensiunan.

“Kami juga ingin bekerjasama untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Sergai,” tuturnya.

Audiensi ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Sekretaris BPKA, Sekretaris BKD, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si., perwakilan Taspen dan Bank Sumut. (Media Center Sergai)

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

724 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *