Safari Pengajian Dambaan Sergai, Sarana Tingkatkan Silaturahmi Dalam Wujudkan Pembangunan Sesuai Visi Misi

Dolok Masihul,

Kegiatan Safari Pengajian Dambaan Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut. Kali ini dilaksanakan di kediaman Yusuf, warga Dusun VI, Desa Bantan, Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (21/7/2022) malam.

Dalam sambutannya Bupati H. Darma Wijaya yang diwakili Kadis Kesehatan Selamat Hartono, SKM, M.Kes menyampaikan jika Safari Pengajian Dambaan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sergai dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan sesuai visi Kabupaten Sergai yang Mandiri Sejahtera, dan Relijius atau “Maju Terus”

Program prioritas tercantum dalam Sapta Dambaan (SAPDA), lanjut Bupati, terdiri dari 7 program yaitu sekolah mandiri, terampil, asri, dan berkualitas (Sekolah Mantap), masyarakat sehat dan relijius, pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur terintegritas, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus, dan birokrasi dambaan.

 

Dari program tersebut, Bupati juga menyampaikan beberapa capaian pembangunan yang sudah dilaksanakan yaitu pembangunan jalan kabupaten sepanjang 142,457 km sehingga jalan kabupaten dalam kondisi mantap sudah mencapai 529,666 km atau 60,98%. Selanjutnya pembangunan jaringan irigasi kabupaten sepanjang 13,095 km sehingga jaringan irigasi kabupaten dalam kondisi baik sudah mencapai 144,38 km atau 75,59%. Kemudian pembangunan jembatan sepanjang 93 m di antaranya pembangunan jembatan pariwisata Pantai Sialang Buah 60 m dan pembangunan jembatan Sei Mendaris sepanjang 12,8 m. Selain itu, Darma Wijaya melanjutkan jika dilakukan juga pembangunan gedung pemerintahan seperti gedung Kantor Bupati, sarana prasarana terminal mini di Dolok Masihul, dan Food Court Sei Rampah.

“ Pembangunan juga dilaksanakan terhadap beberapa infrastruktur seperti drainase, jalan produksi tani, jalan usaha tani, renovasi rumah tidak layak huni, sanitasi, akses air minum layak, dan banyak lagi infrastruktur publik yang bertujuan untuk menaikkan kualitas hidup masyarakat,” jabarnya.

Tak hanya pembangunan infrastruktur fisik, di bawah kepemimpinan pasangan Darma Wijaya-Adlin Tambunan, dirinya juga mengklaim pembangunan juga menyasar aspek SDM. Ini dibuktikan dari beberapa program yang menyasar pembangunan kerohanian masyarakat.

Beberapa di antaranya dengan melaksanakan aktivitas keagamaan seperti ekstrakurikuler untuk siswa yang belum bisa mengaji di luar jam pelajaran, ekstrakurikuler untuk siswa yang sudah bisa mengaji akan ditingkatkan untuk mempersiapkan calon Qori masa depan, salat jamaah dan mengatur salat dhuha bagi siswa secara bergantian. Selanjutnya ekstrakurikuler manasik haji di seputaran Masjid Agung dimulai dari tingkat PAUD, SD, dan SMP. Lalu salat Jumat bersama murid dan guru di masjid terdekat. Ada juga pesantren kilat yang dilaksanakan di bulan suci Ramadan.

“Saya berharap seluruh hasil pembangunan baik fisik dan non-fisik dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan kita jaga agar kemanfaatannya dapat terus dinikmati untuk masa-masa yang akan datang, sehingga bisa tercapai amanat Sapta Dambaan di Kabupaten Sergai,” minta Bupati sembari menambahkan ucapan terima kasih kepada Baznas Sergai yang telah menyalurkan kembali zakat di tahun ini kepada 1.020 warga yang membutuhkan.

Hadir dalam Safari Pengajian Dambaan ini Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Inspektur Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH, MM, MSP, Kepala BAPPEDA Rusmiani Purba, SP, M.Si, Kabag Umum Rico Ebtian, S.STP, M.Si, Kabag Perencanaan Keuangan Samsul Sijabat, SE, Camat Dolok Masihul Muriyani, S.Sos, Kapolsek Dolok Masihul AKP. Chairul, Ketua MUI Sergai Ustadz Drs. Hasful Husnain, SH, serta para jamaah.

Diwaktu yang sama, Wabup Sergai Adlin Tambunan juga melaksanakan Safari Pengajian Dambaan di Dusun V Pondok Tangsi Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/ Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

750 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *