Pelantikan DPC ABPEDNAS Sergai, Bupati Darma Wijaya : ” BPD Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat “

Sei Rampah,

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa saat ini menempati posisi yang sangat penting. Fungsi BPD, selain membahas dan menyepakati rencana Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa juga berfungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kerja Kepala Desa.

Hal ini disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya dalam sambutannya saat menghadiri Palantikan Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Sergai periode 2022-2027 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (28/7/2022).

Lebih lanjut disampaikan Bupati jika pekerjaan BPD adalah mengawasi setiap pekerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, namun harus dibarengi dengan bekerja ikhlas dan cerdas karena dengan hal tersebut akan mendapatkan hasil yang baik, ujar Bupati sembari menambahkan bahwa Pemkab Sergai sangat mendukung terbentuknya adosiasi ini.

” Terbentuknya ABPEDNAS ini, diharapkan mampu menjadi mitra kerja bagi para Kepala Desa untuk bersinergi dan bekerja sama dalam membangun dan memajukan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” kata Bang Wiwiek sapaan akrabnya.

Bupati menambahkan, keberadaan ABPEDNAS dapat menjadi forum berkomunikasi BPD untuk bertukar pikiran, memberikan saran, pendapat serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul baik di organisasi maupun di lingkungan masyarakat desa sehingga tercipta komunikasi yang baik dan kerukunan antar masyarakat,” harapnya.

” Pemkab Sergai ingin seluruh pemangku kepentingan mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab untuk mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus;  Mandiri Sejahtera dan Religius,” tandas Bupati.

 

Sementara itu, Sekretaris ABPEDNAS Sumut  Drs. H. Abdul Khair, MM usai melantik mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus. Mudah-mudahan  ini tidak sampai di sini saja, namun dapat mengembangkan sampai dengan pada sasaran-sasaran  untuk menyejahterahkan masyarakat.

“Kami yakin para pengurus di Sergai dapat memajukan dan mengembangkan desa-desa yang memiliki potensi baik sehingga masyarakatnya lebih sejahtera,” ungkapnya.

Ketua  DPC ABPEDNAS Sergai, Muliono menyampaikan jika ABPEDNAS ini sebagai wadah BPD untuk menghimpun aspirasi masyarakat untuk selanjutnya akan di komunikasikan kepada Pemerintah Desa maupun kabupaten. Hal ini bertujuan untuk mengawal permasalahan-permasalahan yang ada.

”  Tentu ini menjadi catatan yang penting,  tugas yang penting bagi kita semua seluruh anggota BPD bahwa dari kurang lebih 1400 anggota BPD yang ada di Sergai harus berperan aktif untuk menghimpun dan menyalurkan aspirasi Pemerintah Desa maupun ke tingkat Pemkab Sergai,” tuturnya.

Dalam Pemerintahan Desa, katanya lagi, BPD dan Kepala Desa harus mampu bersinergi untuk memajukan desanya dan untuk kemaslahatan masyarakat yang ada di desa masing-masing.

” BPD sebagai mitra Kepala Desa, dengan adanya wadah ini dapat menyampaikan apa yang menjadi aspirasi BPD untuk terus kita sampaikan kepada Pemerintah Desa maupun Pemkab Sergai. BPD mempunyai peran yang sangat penting dalam pemerintahan desa karena BPD merupakan perpanjangan tangan langsung dari masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat ketingkat desa maupun ke tingkat kabupaten,” pungkasnya.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan DPD ABPEDNAS Provinsi Sumatera Utara Nomor : SK.041/ABPEDNAS-SU/VII/2022 tentang Komposisi dan Personalia DPC ABPEDNAS Kabupaten  Sergai masa bhakti 2022-2027. Menetapkan Muliono Sebagai Ketua,  Sekretaris Rahmat, Bendahara Husin Azani Hasibuan.

Turut hadir dalam kegiatan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Kadis PMD Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, Inspektur Sergai Drs. Dimas Kurnianto serta para peserta pelantikan. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter: Brojeps

Admin : Julia

1.194 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *