Yuk…Jajal Wisata Rafting di Sei Bah Bolon

Sipispis adalah sebuah nama kecamatan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Sipispis terdiri dari 20 desa yakni : Desa Naga Raja, Desa Nagur Pane, Desa Marubun, Desa Mariah Nagur, Desa Marjanji, Desa Rimbun, Desa Tinokkah, Desa Pispis, Desa Baja Dolok, Desa Sibarau, Desa Silau Padang, Desa Simalas, Desa Sipispis, Desa Parlambean, Desa Buluh Duri, Desa Damak Urat, Desa Serba Nanti, Desa Gunung Sitolu, Desa Bartong, dan terakhir Desa Gunung Pane.

            Jika dilihat dari kepadatan penduduk, Kecamatan Sipispis termasuk dalam kategori yang luas dengan penduduknya terbilang sangat banyak. Daerah ini mayoritas dihuni oleh Etnis Simalungun, dan beberapa etnis lain seperti Jawa dan Batak Toba.

            Komunitas Anak Milenial (Kami) Sergai, akan membahas salah satu Desa yang ada di Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Desa Buluh Duri. Tau gak sahabat Kami Sergai, kalau Desa Buluh Duri ini masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang mampu bersaing dari total 3.500 desa wisata. Tentu hal ini menjadi suatu kebanggaan dan prestasi yang luar biasa untuk Kabupaten Serdang Bedagai.

            Dilansir dari laman kemenparekraf.go.id, Desa Buluh Duri mempunyai daya tarik wisata yang menarik, yaitu arung jeram atau rafting yang berada di sungai Bah Bolon. Pemandangan alam yang menakjubkan mengalir di sepanjang sisi Desa Buluh Duri. Itulah sebabnya mengapa Desa Buluh Duri masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik.

            Pasca ditetapkannya sebagai satu dari 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia dalam ADWI 2022, tepat di hari Kamis 23 Juni 2022 menjadi momen istimewa dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno dan di terima baik oleh Bapak Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP.

            Dikesempatan ini Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno beserta Bapak Bupati Sergai dan Wakil Bupati Sergai menjajal langsung berarung jeram atau rafting di Sungai Bah Bolon.

            Selain arung jeram Desa Buluh Duri juga menyuguhkan keindahan panorama alam kepada para pengunjung. Salah satunya adalah air terjun bahgula yang tingginya hampir 25 meter, green canyon dinding batu berlumut yang tingginya hampir 30 meter, magic wall dinding batu besar yang menjulang tinggi dan membentuk ukiran alami dari tetesan air. Kemudian ada batu boru manjile yang menjadi situs sejarah yang berada di aliran sungai Bah Bolon, peninggalan kerajaan Bajalingge. Batu ini berada di bibir sungai dan menjadi cagar budaya di Kecamatan Sipispis, ada juga batu katak yang bentuknya menyerupai katak.

            Arung jeram adalah salah satu olahraga yang menguji keberanian dan kekompakkan tim. Untuk menjajal olahraga ini wisatawan dikenakan tarif yang beragam, tergantung kategori yang dipilih mulai dari harga Rp. 100.000,- sampai Rp. 350.000,-.

            Lanjut dari laman kemenparekraf.go.id, Sungai Bah Bolon memiliki karakteristik berupa bebatuan dangkal dengan grade 2-3 sepanjang 16 kilometer, serta memiliki jeram yang cukup banyak. Oleh karenanya, kondisi ini membuat wisata jeram di sungai Bah Bolon aman untuk dinikmati para pecinta adrenalin dan penikmat rafting pemula seperti kamu yang ingin mencobanya. Yuk…kita jajal Rafting di Sei Bah Bolon.

            Semoga olahraga rafting ini bisa melahirkan bibit-bibit yang  potensial yang melestarikan atlet arung jeram berkualitas di Tanah Bertuah Negeri Beradat. (Berbagai sumber/ Kami Sergai).

46 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *