Pesan Bupati Sergai di Kegiatan 10 Muharram 1444 H

Sei Rampah,

Dalam suasana Tahun Baru Islam 1444 Hijriah yang jatuh pada akhir Juli lalu, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menghadiri undangan Panitia Pelaksanaan kegiatan 10 Muharram 1444 H, perwiritan se-Desa Firdaus sekaligus acara penyantunan anak yatim piatu. Acara ini digelar di Gedung Wisma Karina, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/8/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan banyak pesan terkait momen Tahun Baru Hijriah kali ini. Menurutnya, seluruh Umat Islam sangat diharapkan untuk dapat memahami makna Hijriah yang sesungguhnya dan tidak hanya terbatas pada perpindahan tempat, akan tetapi makna Hijriah yang sangat esensial adalah perbaikan akhlak.

Bagi Darma Wijaya, hakikat dari perayaan Tahun Baru Islam kali ini adalah untuk mengingat kembali bahwa 12 bulan telah dilalui dari Muharram 1443 Hijriah sampai dengan Zulhijjah 1443 Hijriah. Selama perjalan waktu itu, dirinya menyebut telah banyak yang terjadi dan banyak hal pula yang telah dilakukan, baik yang tersembunyi ataupun yang terbuka, ada hal baik dan mungkin tidak sedikit hal buruk.

“Untuk itu perayaan kali ini mempunyai esensi bagi kita semua untuk melakukan introspeksi, evaluasi serta mengukur segala tindak-tanduk dan perilaku kita selama satu tahun yang lalu. Kitalah yang mampu mengukur seberapa besar amal kebaikan dan amal keburukan yang telah kita kerjakan. Semua kita yang berkumpul hari ini, masih diberi nikmat hidup oleh Allah SWT. Nikmat hidup ini merupakan kesempatan berharga bagi kita semua untuk memperbaiki segala yang buruk dan meningkatkan segala amal kebaikan dalam kehidupan kita di masa yang akan datang,” ucap Bupati lagi.

Masih lanjutnya, dengan pengertian ini sangat diharapkan setiap saat sesungguhnya manusia perlu melakukan hijrah sebagai bahan evaluasi dan introspeksi diri serta renungan terhadap yang telah terjadi, sehingga Tahun 1444 H ini dapat jadi momen dalam meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT.

Selain itu, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini juga mengajak seluruh pihak untuk ikut bersama-sama mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Bupati berpesan, guna mewujudkan visi kabupaten ini semuanya harus bersama dan bersatu padu serta bergandengan tangan dalam mengatasi segala beban dan permasalahan yang ada.

“Semuanya dapat maju bersama dalam satu tujuan dan persepsi, sehingga akan membawa dampak positif untuk kemaslahatan umat. Marilah di tahun baru Islam ini kita memperbanyak doa dan zikir kepada Allah. Mudah-mudahan Allah berikan kita semua kesehatan kekuatan umur yang berkah agar kita bisa lebih giat lagi untuk melaksanakan ibadah pada Allah SWT,” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, Kabag Kesra R. Cici Sistiansyah, S.Sos, Camat Sei Rampah Hendra Damanik, S.STP, Kapolsek Firdaus AKP Idham Hali, dan Kepala Desa Firdaus Suherwin. (Media Center Sergai).

Teks / Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

909 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *