Lantik 3 Kepala Puskesmas, Bupati Sergai Singgung Peningkatan Layanan Kesehatan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, melantik 3 ASN Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Kepala Puskesmas. Pelantikan ini dilaksanakan di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (8/8/2022).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati Sergai menyampaikan jika Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, mengemas program utamanya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dikenal dengan SAPDA (Sapta Dambaan) yakni Sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (Mantab), Masyarakat sehat dan religius, Pertanian berkelanjutan, Infrastruktur terintegrasi, Ekonomi berdaya saing, Wisata maju terus, dan Birokrasi dambaan.

Terkhusus untuk menjaga kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Bupati menyebut penguatan pelayanan kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, namun demikian belum semua masyarakat menikmati hasilnya secara merata, terutama bagi masyarakat di daerah tertinggal.

 

“Masyarakat yang tinggal di daerah tersebut umumnya mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, dikarenakan kondisi geografis, transportasi, akses komunikasi, tingginya tingkat kemiskinan penduduk, dan berbagai masalah sosial lainnya yang mereka hadapi, serta sumber daya kesehatan yang belum memadai, terutama sumber daya manusia kesehatan yang belum memenuhi standar yang telah ditetapkan,” sebut Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Terkait dilantiknya 3 orang ASN Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Kepala Puskesmas hari ini, Bang Wiwik berujar jika hal ini adalah hal yang biasa dalam suatu organisasi pemerintahan karena jabatan tersebut adalah salah satu cara untuk mewujudkan salah satu SAPDA itu yaitu “masyarakat sehat dan religius”.

Darma Wijaya menegaskan, kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa. Upaya mewujudkan ini, lanjutnya, tentu memiliki tantangan yang tidak mudah sehingga perlu diimbangi dengan kecukupan jumlah dan distribusi fasilitas pelayanan kesehatan, baik tingkat primer maupun rujukan. Karena itu menurutnya penguatan fasilitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu komitmen utama pemerintah.

Di akhir sambutannya, Bang Wiwik kemudian menyampaikan 4 pesan penting yaitu pertama mengatasi masalah kesehatan akan lebih mudah bila dilakukan secara bersama, oleh karena itu bekerjasamalah dengan tenaga kesehatan yang lain yang sudah lebih dahulu bertugas. Kedua, kesulitan-kesulitan yang akan ditemui di lapangan jangan dijadikan sebagai suatu hambatan, tetapi anggaplah sebagai suatu tantangan yang perlu diatasi. Ketiga, hormatilah kearifan dan budaya lokal, berinteraksi dengan petugas/aparat lain dan masyarakat di tempat bertugas.

“Dan keempat, bekerjalah sesuai dengan kewenangan masing-masing profesi, dan memperhatikan standar-standar pelayanan. Akhirnya saya mengucapkan selamat bekerja dan kami berharap, saudara sekalian senang dan mempunyai kesan yang positif pada daerah yang akan ditempati, dapat memfokuskan tenaga, perhatian, dan pikiran pada proses penataan, perbaikan, dan produktivitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi,” tandasnya.

Adapun 3 ASN Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan Kepala Puskesmas yang dilantik adalah dr. Ratna Dewi Masliana sebagai Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Kotarih, drg. Rina Manurung sebagai Kepala UPT Puskesmas Pantai Cermin, dan dr. Abdul Rahmat sebagai Kepala UPT Puskesmas Pangkalan Budiman, Kecamatan Sei Rampah.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Asisten Ekbang Drs. Nasrul Aziz Siregar, Asisten Administrasi Umum Ir.Kaharuddin, dan Kepala Dinas Kesehatan Selamat Hartono, SKM, MKM serta rohaniawan. ( Media Center Serai).

 

1.570 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *