Setelah Tingkat Nasional, Sergai juga Raih Penghargaan KLA Tingkat Provsu 2022

Medan,

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2022 membawa kesan tersendiri bagi Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai). Pasalnya, dalam momen tersebut Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat kembali menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Provsu.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara H Eddy Rahmayadi kepada Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan.

” Baru-baru ini, penghargaan serupa juga telah diraih oleh Pemkab Sergai yaitu Penghargaan KLA Level Madya tingkat nasional dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).Terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung terutama dalam menekan angka stunting di Sergai,” ucapnya usai menerima penghargaan.

Wabup Adlin yang hadir didampingi Ketua GOPTKI Sergai, Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, menyebut jika penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bersama untuk menjadikan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius, ujarnya sembari menambahkan bahwa Pemkab Sergai akan terus membenahi fasilitas umum khususnya taman dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi anak.

Sebagai upaya dalam menekan angka stunting, Sergai juga sudah me-launching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat). Saat ini, sebutnya lagi, angka stunting di Sergai sekitar 20 persen. Untuk target pada 2024 angka ini dapat ditekan dibawah 14 persen, pungkasnya.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sergai, dr. Helminur Iskandar mengaku bahwa penilaian ini diperoleh karena di Tanah Bertuah Negeri Beradat sudah terdapat beberapa tempat layak anak.

“Mulai dari tempat ibadah ramah anak, sekolah layak anak, berbagai program yang dicanangkan juga sudah sesuai dengan KLA, ” ungkapnya.

Gubsu H Edy Rahmayadi dalam acara itu mengungkapkan bahwa penghargaan ini diberikan kepada 21 kabupaten/kota baik level pratama, madya dan nindya serta utama.

“Sudah seharusnya seluruh kabupaten/kota di Sumut ini layak anak. Susunlah program yang ramah perempuan dan anak,” pesannya. (Media Center Sergai)

Teks/Editor: Rini Ry

Reporter : Tim Media Protkompim

Admin : Julia

489 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *