Tingkatkan Budaya Menabung di Kalangan Pelajar Sergai Lewat Program “Kejar”  

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri kegiatan Aksi Pelajar “Hari Indonesia Menabung”, yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (11/8/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk semakin memperkenalkan program satu rekening satu pelajar (Kejar) yang merupakan bentuk aksi pelajar Indonesia menabung dalam rangka implementasi Keputusan Presiden Nomor 26 tahun 2019 tentang hari Indonesia menabung.

Dalam sambutannya, Sekdakab Faisal Hasrimy menyampaikan jika kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aktivitas menabung pada generasi muda dengan tujuan agar setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening sehingga budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal dapat dilakukan sejak dini.

“ Sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Republik Indonesia dan dalam rangka mendorong akselerasi program kejar untuk mencapai target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024, diperlukan dukungan kebijakan dari kementerian atau lembaga terkait sehingga kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar di Indonesia dapat terwujud,” jelas Faisal Hasrimy.

Sekdakab melanjutkan, pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur dari tingkat investasi dan tingkat tabungan masyarakat. Aktivitas menabung, sebutnya, tentu akan menggerakkan roda perekonomian melalui ketersediaannya dana yang dapat disalurkan guna investasi, baik di sektor riil maupun sektor keuangan.

Tentang aktivitas menabung bagi pelajar di Sergai, Sekdakab mengatakan potensinya cukup baik dalam penghimpunan dana. Ia mengingatkan, dengan memulai kebiasaan menabung sejak dini maka akan turut menambahkan kebiasaan produktif dan kebiasaan untuk selalu merencanakan masa depan.

“ Saya sangat senang sekarang karena mulai dari pelajar tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA, yang ada di Kabupaten Sergai, semuanya gemar menabung dan saya minta kepada seluruh Bank yang ada di Kabupaten Sergai, agar mempermudah dan tidak mempersulit persyaratan bagi pelajar yang membuka rekening tabungan di Bank,” pintanya.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Untung Santoso menyampaikan program Kejar ini menyasar siswa/i mulai tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA.

“OJK telah menyusun program satu rekening satu pelajar. Selain itu telah ditetapkan juga hari indonesia menabung. OJK telah bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda), Kementrian, dan lembaga, dalam tema mewujudkan pemuda yang kreatif dan inovatif,” jelasnya, sembari menambahkan jika kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 orang siswa/i dari beberapa sekolah.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan simbolis buku rekening kepada perwakilan siswa/i.

Turut hadir Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumatera Utara Bambang Utomo, Kabag Perekonomian Rosdelimawati, SE, para pimpinan/perwakilan Bank BNI, BRI, Bank Sumut, Mandiri cabang Sei Rampah, para kepala sekolah dan guru, serta siswa/i dari berbagai daerah dan tingkatan di Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Vivi

1.505 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *